Praktek Pelaksanaan Haji Akhir Manasik CJH Kotabaru

Ft.Peragaan Haji

Kotabaru-humas, Sebanyak 174 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Kotabaru melaksanakan praktek peragaan menjalankan ibadah haji baik saat di Tanah Air maupun saat pelaksanaan di tanah Suci nantinya.

Dengan disetting sedemikian rupa dan menentukan titik-titik tempat kegiatan yang dimulai sejak calhaj turun dari Hotel (masjid) menuju Arafah disetting di Halaman Koramil para tamu Allah berkumpul untuk selanjutnya ke Musdalifah untuk mengambil batu kemudian menuju Mina untuk melakukan pelontar hingga selesainya prosesi perjalanan ibadah haji.

Agar betul-betul mirip dengan suasana di Tanah suci satu miniatur replika Ka’bah sengaja dipasang panitia ditengah halaman masjid sebagai bagian dari simulasi pelaksanaan haji.

Itulah sekulimit prosesi perjalanan ibadah haji pada pelaksanaan manasik praktek haji yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Rabu (20/08/14) di Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru.

Kedatangan para tamu Allah untuk mengikuti simulasi manasik haji. Layaknya orang yang hendak pergi haji, mereka menggunakan kain ihram dalam peragaan tersebut yang dikoordinir oleh masing-masing pembimbing manasik.

Simulasi manasik ini dihadiri oleh Asisten II Setda Kotabaru Ir.H.Hasbi M Tawab, SH,MM, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H.A.Sawiti,S.Ag,M.HI, Ketua MUI Kotabaru KH.Muchtar Mustajab, pimpinan Bank BPS, Pengurus IPHI Kotabaru dan para pejabat dilingkungan Pemda Kotabaru serta Tokoh Agama.

Kepala Kemenag Kotabaru H.A.Sawiti mengungkapkan, kegiatan ini merupalan agenda rutin tahunan yang diberikan kepada calhaj.” Praktek manasik massal mengakhiri segala kegiatan manasik yang diselenggarakan oleh Kemenag Kotabaru yakni tingkat Kabupaten sebanyak 3 kali dan tingkat kecamatan sebanyak 7 kali”, kata Salman.

Selain itu praktek manasik secara massal diharapkan dapat memberikan gambaran dan pemahaman yang jelas tentang prosesi perjalanan pelaksanaan haji dan umrah. “Pada manasik sebelumnya calhaj hanya menerima ini materi-materi manasik telah disampaikan oleh pembimbing, dengan praktek secara langsung di lapangan jamaah calon haji akan lebih memahami bagaimana tata cara thawaf, sa’i, saat wukuf di Arafah, saat melempar jumrah, serta pelaksanaan wajib, dan rukun haji lainnya, untuk itu manfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya”. tegas Sawiti.

Sawiti berharap nantinya semua calon jamaah haji dapat menunaikan ibadah haji dengan sebaik-baiknya dan menjadi haji yang mabrur

Sementara Kasi Haji Kemenag Kotabaru Drs.H.Syahruji menyampaikan pelaksanaan praktek manasik haji agar mereka bisa mengenali dan mengetahui tata cara ibadah haji. Syahruji berharap, para tamu Allah dapat memahami secara sempurna prosedur pelaksanaan ibadah haji selama berada di Tanah Suci.

“ Dengan rangkaian kegiatan tersebut diasumsikan sebagaimana rangkaian kegiatan pada pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, sehingga jamaah calon haji sudah mendapatkan gambaran bagaimana pelaksanaan ibadah haji sesungguhnya, tambah Syahruji.(Rep:Lukman Ft:Dhani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s