Kemenag Kotabaru Gelar Pembinaan Pemberdayaan Tanah Wakaf

Ft.Pembinaan Wakaf

Kotabaru-humas, Dalam rangka lebih mengoptimalkan peran dan fungsi petugas penerima wakaf (Nazhir), Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kotabaru dari bidang penyelenggara Syariah menyelenggarakan pembinaan pemberdayaan wakaf, Kamis (17/03/16) di Aula KanKemenag Kotabaru.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala KanKemenag Kotabaru H.Salman, MM, dalam arahannya mengatakan bahwa saat ini sudah saatnya bagi kita untuk memberdayakan wakaf baik bergerak maupun tidak bergerak agar dapat meningkatkan kesejahteraan umat Islam pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta meningkatkan perkembangan Islam di Indonesia. Pemberdayaan wakaf yang dilakukan oleh nazhir harus sesuai dengan manajemen organisasi yang baik dan terarah.

Wakaf merupakan salah satu amal jariah yang tidak terputus, yang pahalanya akan terus mengalir walaupun kita sudah meninggal dunia nanti. “ Untuk itu, jangan ragu untuk berwakaf serta pilihlah nazhir yang sudah terdaftar di Badan Wakaf Indonesia (BWI) supaya kita yakin dan tidak ragu aset wakaf kita dapat dikelola dengan baik”, kata Salman

“Untuk itu menumbuhkembangkan harta wakaf agar menjadi produktif dan berdayaguna, maka diperlukan para pengelola yang amanah, jujur, adil, memiliki etos kerja tinggi dan tentunya profesional, sesuai dengan bidang dan kemampuan masing-masing” terang Salman.

Sementara itu dalam laporannya ketua panitia pelaksana penyelenggara Syariah DR.H.Ahmad Kamal dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiataan ini dimaksudkan untuk membangun partisipasi masyarakat untuk berwakaf dan bagaimana mendorong pengelola wakaf atau Nazhir secara produktif, amanah, profesional dan transparan sehingga terwujud pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan wakaf secara produktif dan profesional.

Diharapkan semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sebaik mungkin sehingga mampu melaksanakan tugas dan kewajiban seorang nazhir dalam pengembangan pengamanan harta para wakif. “ Seorang Nazhir diberi amanat sebagai orang yang dipercaya dalam mengelola wakaf, maka hendaklah amanah dijalankan dengan sebaik-baiknya”, kata Kamal.

Pembinaan Pemberdayaan Wakaf yang bertemakan Optimalisasi Peran dan Fungsi Nazhir Dalam Pengelolaan Tanah Wakaf, dikuti sebanyak 40 peserta yang terdiri dari Kepala KUA, Tokoh Agama dan Pengurus Masjid Se kabupaten Kotabaru.

Adapun narasumber dan materi yang disampaikan diantaranya oleh Kepala KanKemenag Kotabaru, H.Salman menyampaikan materi Problematika Sertifikasi Tanah, Kepala Bidang Penais, Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Prov.Kalsel, Dra.Hj.Normilati, M.AP menyampaikan materi Kebijakaan Pemerintah/Kementerian Agama Tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Wakaf dan materi terakhir disampaikan oleh Kasi Wakaf bidang Penais, zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Prov.Kalsel, H.M.Rusdi Hatta, Lc dengan materi yang disampaikan tentang optimalisasi Peran nazhir dalam pengelolaan Tanah Wakaf.(Rep:Lukman / Ft:Dhani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s