Kemenag Kotabaru Laksanakan Monev BOS Bagi PPS

Ft.Monev Pesantren

Kotabaru-humas, Setelah melaksanakan Monitoring bagi madrasah, Kantor Kementerian Agama Kotabaru kembali membentuk tim monitoring dan evaluasi penggunaan dana BOS bagi Pondok Pesantren Se Kabupaten Kotabaru.

Bertempat di Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) Nurul Iman Desa Kulipak Kecamatan Pulau Laut Timur Kotabaru, Jumat (22/08/14) tim monev BOS Kemenag Kotabaru mengawali monitoring pelaksanaan penerimaan dan pencairan dana BOS bagi PPs Ula dan Wustha penyelenggara wajar dikdas 9 Tahun.

Dalam keterangannya disela-sela pemeriksaan Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagaman Islam (Kasi Pakis) Drs.H.M.Imran, MM mengatakan bahwa tim evaluasi merupakan kegiatan yang penting untuk dilaksanakan dalam pengawasan penggunaan dana BOS bagi pondok pesantren yang melaksanakan program wajar dikdas.

Monitoring BOS bagi pondok pesantren merupakan kegiatan untuk mengukur sejauhmana tentang pencairan BOS sehingga menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan BOS pada tahun-tahun kedepannya. “ Monitoring PPS ini bertujuan untuk memantau penyaluran dan penyerapan dana di pondok pesantren serta penggunaan yang tepat, tentunya semuanya harus sesuai juknis yang ditentukan” kata H.Imran.

Selain itu tambah H.Imran kita juga memberikan pembinaan terhadap penanggungjawab BOS agar dalam pembuatan pertanggungjawaban pemanfaatan dana BOS yang berkaitan dengan statistik penerima bantuan, penyaluran, penyerapan dan pemanfaatan dana.

Perlu diketahui bahwa pencairan dana BOS antara madrasah dengan pondok pesantren ada perbedaan dimana untuk madrasah pencairan dananya dapat dilaksanakan di Kemenag Kabupaten/Kota, sedangkan untuk pencairan dana BOS bagi pondok pesantren pencairan dananya masih di Kantor Wilayah Provinsi. “ Maka dengan itu agar pondok pesantren yang menerima bantuan untuk sesering mungkin berkonsultasi dan kordinasi dengan Kanwil Kemenag Prov.Kalsel”, terang H.Imran.

Adapun Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) pelaksanaan wajar dikdas tingkat wustha yang menerima bantuan BOS diantarannya PPS Raudhatul Jannah Lontar, PPS Nurul Iman, PPS Al-Muslimun dan PPS Miftahul Salam.(Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s