Profil

A.  Sejarah Singkat Kantor Departemen Agama Kabupaten Kotabaru

  1. Berdirinya Kantor Departemen Agama Kabupaten Kotabaru pada tahun 1951  dengan nama Kantor Urusan Agama Islam  TK II Kabupaten Kotabaru.
  2. Pada tahun 1961 menjadi Kantor Dinas Urusan Agama Islam TK.II Kabupaten Kotabaru  menempati Gedung Sarikat Islam di Jalan H.Agussalim Kotabaru (sekarang Islamic Centre).
  3. Berdasarkan KMA No.18 Tahun 1974 di sebut Kantor Perwakilan  Agama TK.II Kotabaru,
  4. Berdasarkan KMA No.18 Tahun 1975 Menjadi Kantor Departemen Agama Kabupaten Kotabaru dengan susunan organisasi yang di sempurnakan  yaitu  Tata Usaha, Urusan Agama Islam, Pendidikan Agama Islam dan Urusan Haji dan Penyelenggara Bimas Katolik.
  5. Pada tanggal 1 Juni tahun 1976 Kantor Departemen Agama Kabupaten Kotabaru  pindah ke Alamat Jalan Jamrud I Kotabaru hingga sekarang.
  6. Berdasarkan KMA No.45 Tahun 1981 ditambah  Perguruan Agama Islam.
  7. Berdasarkan  KMA No.373 tahun 2002 ditambah dengan Penyelenggara Zakat  Wakaf dan Mapenda pada Tipologi II.a

B.  Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Kotabaru

  1. H.M Imran Yusuf  (tahun  1951 – 1956)
  2. Ahyat ( tahun  1956 – 1961)
  3. GT.Masyhur  (tahun  1961 – 1969)
  4. K.H.M.Alwy Sanusi  (tahun  1969 – 1981)
  5. Drs.H.M.Ilham Jafrie  (tahun  1981 – 1984)
  6. H.Aspur     (tahun  1984 – 1990)
  7. H.M. Napiah Elkarim  (tahun  1990 – 1997)
  8. Drs. H. Abdurrahman Gani (tahun  1997 – 2000)
  9. Drs.H.Nabehani Abdullah, MM (tahun  2000 – 2003)
  10. H.Muh.Mulkani AA, BA  (tahun  2003 – 2009)
  11. Drs.H.Salman,MM (tahun  2009 – 2013)
  12. H. Ahmad Sawiti, S.Ag.M.HI (2014 – 2015)
  13. Drs.H.Salman,MM (tahun  2015 – sekarang)

C. Tugas Pokok dan Fungsi

a.   Tugas Pokok

Berdasarkan KMA Nomor 373 tahun 2002 tugas pokok Kantor Departemen Agama Kabupaten Kotabaru adalah melaksanakan tugas pokok dan fungsi Departemen Agama dalam wilayah Kabupaten Kotabaru berdasarkan kebijakan Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Kalimantan Selatan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

b.   Fungsi

Kantor Departemen Agama Kabupaten Kotabaru menyelenggarakan fungsi :

1)       Perumusan Visi dan Misi, serta kebijakan teknis di bidang pelayanan dan bimbingan kehidupan beragama di Kabupaten Kotabaru.

2)       Pembinaan, pelayanan dan bimbingan masyarakat Islam, pelayanan haji dan umrah, penyelenggaraan zakat dan wakaf, pendidikan agama dan keagamaan, pondok pesantren, pendidikan agama Islam pada masyarakat dan pemberdayaan masjid, serta urusan agama, pendidikan agama dan bimbingan masyarakat Katolik, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

3)       Pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pengelolaan administrasi dan informasi keagamaan.

4)       Pelayanan dan bimbingan di bidang kerukunan umat beragama.

5)       Pengkoordinasian perencanaan, pengendalian dan pengawasan program.

6)       Pelaksanaan hubungan dengan Pemerintah Daerah, Instansi terkait dan lembaga masyarakat dalam rangka pelaksanaan tugas Departemen Agama di Kabupaten Kotabaru.

D.   Visi dan Misi Kantor Departemen Agama Kabupaten Kotabaru

a. Visi

“Terwujudnya Masyarakat Kotabaru yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera Lahir Batin”.

b. Misi

1)  Meningkatkan pelaksanaan visi, misi dan kebijakan teknis di bidang pelayanan dan bimbingan kehidupan beragama.

2)  Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan di bidang Urusan Agama Islam

3)  Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan  di bidang Haji dan Umrah

4)  Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan  di bidang Mapenda

5) Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan  di bidang Penamas, Pekapontren dan Pemberdayaan Masjid.

6) Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan  di bidang Zakat dan Wakaf

7) Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan masyarakat katholik.

8.) Meningkatkan Hubungan dengan Pemerintah Daerah KAbupaten Ktoabaru, intansi dan lembaga terkait.

E. Tujuan dan Sasaran

a.  Tujuan

1)  Meningkatkan pelaksanaan visi, misi dan kebijakan teknis di bidang pelayanan dan bimbingan kehidupan beragama.

2)  Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan di bidang Urusan Agama Islam

3)  Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan  di bidang Haji dan Umrah

4)  Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan  di bidang Mapenda

5) Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan  di bidang Penamas, Pekapontren dan Pemberdayaan Masjid.

6) Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan  di bidang Zakat dan Wakaf

7) Meningkatkan Pembinaan, Pelayanan, dan Bimbingan masyarakat katholik.

8.) Meningkatkan Hubungan dengan Pemerintah Daerah KAbupaten Ktoabaru, intansi dan lembaga terkait.

b. Sasaran

1)   Tersedianya pelayanan dan bimbingan kehidupan beragama dengan terlayaninya masyarakat dengan baik

2) Meningkatnya kualitas urusan agama islam.

3) Meningkatnya kualitas pelayanan haji dan umrah.

4) Meningkatnya kualitas pelayanan mapenda

5) Meningkatnya kualitas pelayanan Penamas dan Pekapontren serta pemberdayaan masjid

6) Meningkatnya kualitas pelayanan Zakat dan wakaf

7) Meningkatnya kualitas pelayanan masyarakat katholik

8.) Hubungan kerjasama semakin terbina

F. Rencana Kerja Tahun 2014

a. Pokok-pokok Program

1)  Penyelenggaraan Pimpinan dan Kepemerintahan

2) Peningkatan pemahaman, penghayatan, pengamalan dan pengembangan nilai-nilai keagamaan.

3)  Peningkatan Pelayanan Kehidupan Beragama

4)  Peningkatan Pendidikan Agama dan Keagamaan

5)  Peningkatan Kerukunan Umat Beragama

6) Pengembangan Lembaga-lembaga sosial Keagamaan dan Lembaga Pendidikan Keagamaan.

b. Program Unggulan

1)  Peningkatan kualitas Pendidikan Agama dan Keagamaan

2)  Peningkatan Kerukunan Hidup Umat Beragama

3)  Peningkatan Keluarga Sakinah

4) Pengembangan Lembaga-lembaga sosial Keagamaan dan Lembaga Pendidikan  Keagamaan.