Seksi Pakis Gelar Pengembangan Informasi Kependidikan Pada Pontren

Ft.Emis Pontren

Kotabaru-humas, Dalam rangka meningkatkan pengembangan informasi pendidikan pada pendidikan informal khususnya pada Pondok Pesantren, Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kotabaru melaksanakan kegiataan pengembangan informasi kependidikan bagi Pondok Pesantren Se Kabupaten Kotabaru, Kamis (10/03/12) bertempat di Meeting Room Hotel Kartika.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) KanKemenag Kotabaru, di buka secara resmi oleh Kepala KanKemenag Kotabaru Drs.H.Salman Basri, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa pendidikan informal merupakan pendidikan yang juga mempunyai kedudukan yang sama pada pendidikan formal sesuai dengan amanat undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional. “ Untuk itu setiap lulusan Pondok Pesantren jangan berkecil hati, karena pendidikan di Pondok Pesantren mempunyai keunggulan yang lebih serta pemerintah telah memperhatikan dengan utama tentang sistem pengajaran di Pondok Pesantren”, kata Salman

Lebih lanjut Salman menegaskan keberadaan pondok pesantren di dunia pendidikan di negara kita sudah tergaung sejak dahulu, dimana para tokoh pendidikan kita juga mengecap pendidikan di Pondok Pesantren, maka sudah sepatutnyalah pendidikan di Pondok pesantren ditingkatkan lagi, baik kualitas guru dan santri juga kuantitas lulusannya.

Kementerian Agama dalam hal ini Dirjen Pendidikan Islam beberapa tahun ke depan sudah mulai memperbaharui sistem pendidikan di Pondok Pesantren, hal ini dapat dilihat pada Education Management System Information (EMIS) bagi pendidikan informal.

“ EMIS merupakan satu langkah maju bagi pondok pesantren dalam pengelolaan data kependidikan di Pontren untuk kemajuan teknologi dan informasi”, ucapnya.

Sementara itu dalam laporannya ketua panitia Abdul Fitri, menyampaikan bahwa kegiataan ini diikuti sebanyak 21 peserta yang merupakan pimpinan pondok pesantren di Kabupaten Kotabaru, sedangkan tujuan dari kegiatan ini untuk lebih meningkatkan pengembangan informasi kependidikan di pondok pesantren khususnya pada pengisian data EMIS serta tercipta ustad maupun guru pondok pesantren yang profesional.

Abdul Fitri mengharapkan seluruh peserta mampu memahami tentang pemahaman data EMIS sehingga dalam penyampaian kepada KanKemenag Kotabaru khususnya seksi pakis dalam pelaporan data EMIS dapat akuratdan up to date data lembaga maupun santrinya. “Saya menginginkan seluruh peserta dapat dengan seksama mengikuti penyampaian materi yang akan diberikan oleh tiga narasumber, jika masih kurang jelas langsung dapat ditanyakan kepada narasumber yang bersangkutan”, ucapnya.

Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber diantaranya Kebijakaan Pemerintah Tentang Pendidikan oleh KanKemenag Kotabaru, Kedudukan dan Keadaan Pontren di Kabupaten Kotabaru oleh Kasi Pakis KanKemenag Kotabaru dan Sistem Informasi Pendidikan Pada Pontren (Data Emis) oleh Operator Emis KanKemenag Kotabaru.(Rep: Aan / Ft:Dhani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s