Kabupaten Kotabaru Miliki Kantor SAR

Ft.Peresmian Kantor SAR

Kotabaru-humas, “ Dengan diresmikannya Kantor Search And Rescue (SAR) Kabupaten Kotabaru ini dapat memberikan kemudahan dalam memberikan pertolongan jika terjadi kecelakaan, khususnya kecelakaan Laut dan Udara” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kotabaru, Drs.H.Salman Basri, MM saat menghadiri pelaksanaan Peresmian Kantor SAR Wilayah Kotabaru, Selasa (08/03/16), di Gedung SAR Kotabaru.

Memang sudah sepatutnya Kabupaten Kotabaru yang merupakan daerah terluas dari wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dengan kondisi geografis daerah yang terpisah dengan puluhan pulau kecil maupun pulau besar yang memungkinkan Kantor SAR bermarkas di Kabupaten Kotabaru.

“ Dengan beroperasinya Kantor SAR ini maka segala musibah yang mengancam dapat ditanggulangi secepat mungkin, apalagi jika terjadi musibah diperairan. “ Maka sangat memungkinkan bagi SAR di Kotabaru mempunyai perlengkapan yang lengkap dan modern seperti Helikopter dan Kapal Cepat dalam menanggulangi musibah”, kata Salman.

Selain menghadiri acara peresmian Kantor SAR Kotabaru, Kepala Kemenag Kotabaru juga di daulat untuk memimpin doa pada acara tersebut yang turut dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H.Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Brigjen Polisi Agung Budi Maryoto, Danlanal Kotabaru, Dandim 1004, Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar Alydrus, SH, dan Kepala SKPD unsur terkait serta beberapa pimpinan perusahaan.

Sementara itu Kepala Badan Search And Rescue (SAR) Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo dalam sambutannya mengatakan seiring dengan berbagai macam musibah yang sering terjadi baik di darat, laut, maupun udara, maka basarnas telah membangun beberapa Kantor SAR di wilayah Indonesia. “ Ini merupakan salah satu upaya Basarnas, dalam mengantisipasi hal tersebut, dengan menambah jumlah Pos SAR untuk mempercepat response time saat terjadi musibah atau kecelakaan sehingga upaya untuk memperlancar dan mempermudah dalam penangan kecelakaan”, kata Soelistyo.

Lebih lanjut Marsekal Soelistyo mengingatkan kepada jajaran untuk terus meningkatkan tiga pilar kerja anggota SAR yakni Responsif, Militan dan Santun dalam melayani masyarakat.

“ Selain peresmian Pos SAR Kotabaru ini, turut juga diresmikan Pos SAR Sampit, Pos SAR Pangkalan Bun dan Dermaga SAR Banjarmasin yang semuanya dilaksanakan di tempat ini” terangnya.

Sebelumnya dalam sambutannya Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih kepada Basarnas yang memberikan kepecayaan untuk membangunan gedung SAR di Provinsi Kalimantan Selatan khususnya di Wilayah Kabupaten Kotabaru yang mempunyai wilayah seperempat wilayah Kalsel. “ Sebagai pimpinan daerah kami siap membantu Basarnas dalam menangani dan menanggulangi bencana alam maupun kecelakaan khususnya di Wilayah Kalsel”, kata Sahbirin.(Rep/Ft:Aan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s