EMIS Mempunyai Peran Strategis Dalam Pengembangan Kependidikan

Ft.Narasumber Pontren

Kotabaru-humas, “ Membangun data itu mahal dan sulit, tapi jauh lebih mahal dan sulit jika membangun tanpa data”, kata Pelaksana Humas Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kotabaru, Lukman Ansyari, S.Kom, dihadapan puluhan peserta kegiataan pengembangan informasi kependidikan pada Pondok Pesantren se Kabupaten Kotabaru yang diselenggarakan oleh seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Seksi Pakis) KanKemenag Kotabaru, Senin (10/03/16) di Meeting Room Hotel Kartika Kotabaru.

Pelaksana Humas yang juga sebagai operator Emis pada Pontren yang menjadi narasumber pada kegiataan tersebut menambahkan bahwa pengelolaan data dan sistem informasi dilingkup Ditjen Pendidikan Islam mengembangkan suatu sistem informasi manajemen pendidikan yang sudah di rintis pada tahun 2008 yang dikenal dengan Education Management Information System (EMIS).

Komponen data EMIS sejak awal penerbitan hingga mengalami beberapa peningkatan sistem yang menaungi komponen pendataan EMIS pada Dirjen Pendidikan Islam diantaranya pendidikan madrasah, Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Pendidikan Tinggi Islam dan Pendidikan Agama Islam.

Lebih lanjut Lukman menjelaskan bahwa EMIS mempunyai peran yang sangat strategis dalam pengembangan kependidikan khususnya di bawah naungan Kementerian Agama. “ Salah satu peran data EMIS pada bidang pakis yaitu sebagai syarat bagi lembaga (Pontren, Diniyah dan TPQ) yang mengajukan proposal bantuan dan penghitungan dana BOS bagi pontren berstatus Wajar Dikdas” ucapnya.

Untuk itu karena pentingnya data EMIS, Lukman mengingatkan agar semua pimpinan pondok dapat mengisi semua instrumen isian tentang pondok pesantren serta santri-santrinya. “Perlu diingat jangan sekali-kali mengisi asal isi saja tanpa menbaca terlebih dahulu petunjuk pengisian, karena akan menyebabkan beberapa variabel programnya akan hilang sehingga menyebabkan data tidak bisa terupdate,” pesannya.

Pada kegiataan tersebut semua peserta juga mendapatkan praktek langsung tentang pemuktahiran data EMIS tahun pelajaran 2015/2016 dengan beberapa penyempurnaan instrumen pada komponen pengisian data pondok pesantren.(Rep:Aan / Ft: Dhani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s