Bupati Kotabaru Ajak Masyarakat Bumi Saijaan Gelorakan Sadar Zakat

Ft.KanKemenag Kukuh BAznas

Kotabaru-humas, “ Pengelolaan zakat merupakan hal yang pokok dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengoordinasian dalam pengumpulan dan pendistribusian pendayagunaan zakat”, kata Kepala Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Drs.H.Salman,MM pada acara pengukuhan pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kotabaru periode 2015-2021, Senin (07/03/16) di Gedung Paris Barantai Kotabaru.

Lebih lanjut Salman menambahkan zakat adalah untuk mengubah perilaku, sifat dan mental miskin bagi muzaki dan fakir miskin, dengan demikian angka kemiskinan berkurang. ”Mustahik/penerima zakat dalam waktu tidak terlalu lama diharapkan menjadi muzaki, dikarenakan pendistribusian zakat difokuskan pada pengentasan kemiskinan, dengan pola pendayagunaan zakat melalui usaha produktif misalnya berbentuk kelompok usaha bersama dan usaha lain yang dapat meningkatkan taraf masyarakat miskin menjadi masyarakat mandiri.

“ Untuk itu pengelolaan zakat harus dilaksanakan dengan profesional dan transparan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat Islam”, ucapnya.

Pengelolaan zakat sendiri mempunyai beberapa tujuan yakni untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan merupakan salah satu faktor pendukung penanggulangan kemiskinan.

Salman berharap dengan dikukuhkannya pimpinan Baznas ini mereka mampu bekerja secara profesional dalam penggalian dan pengumpulan zakat, infak dan sadoqah sehingga peran Baznas semakin dirasakan oleh masyarakat.

“ Selamat kepada pimpinan Baznas, semoga peran Baznas mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya masyarakat Bumi Saijaan”, ujarnya.

Sementara itu Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar Alydrus, SH dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah H.Suriansyah, MM mengatakan bahwa zakat merupakan pembersih dan penambah harta bagi pemberinya, serta dapat memberikan nilai ekonomi berupa pemberdayaan masyarakat jika dikelola secara profesional dengan orientasi produktif.

“ Saya ucapkan selamat kepada pimpinan Baznas yang sudah dikukuhkan ini, semoga dengan pengukuhan ini semua pimpinan Baznas dapat bekerja dengan baik dan mendobrak penerimaan zakat untuk peningkatan taraf ekonomi umat Islam”, ucapnya.

Saya berpesan kepada pimpinan Baznas dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat Kabupaten Kotabaru untuk menyadarkan masyarakat manfaat yang dapat kita peroleh dengan berzakat, termasuk nilai ibadah yang terkandung didalamnya.

“ Mari kita bersama-sama menggelorakan semangat sadar zakat demi meraih keberkahan dan kesejahteraan dari Allah SWT kepada masyarakat dan daerah kita cintai Bumi Saijaan”, ajak Sayed Jafar.(Rep/Ft:AAN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s