Kepala KanKemenag Kotabaru Laksanakan Kunker ke KUA Pulau Sebuku

Ft.Kunker Kemenag Sebuku

Kotabaru (humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Drs.H.Salman, MM melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke salah satu satuan kerja (Satker) lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, yakni Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pulau Sebuku, Rabu (10/02/16).

Dalam keterangannya disela-sela kunker ini, Kepala KanKemenag Kotabaru H.Salman menerangkan bahwa kunker ini dimaksudkan untuk melihat sejauhmana pelayanan KUA dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Kunker ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan disiplin kerja dan kinerja Kepala KUA yang bersangkutan sesuai dengan lima pilar kerja yang telah digaungkan oleh Menteri Agama kepada seluruh jajarannya dalam pelayanan kepada masyarakat”, ungkap Salman.

Lebih lanjut Salman menambahkan sengaja melaksanakan kunker ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat kedisplinan jajarannya dalam pelayanan kepada masyarakat. “ Terutama sekali untuk Kepala KUA yang merupakan ujung tombak Kementerian Agama sebagai aparatur sipil negara yang langsung terjun kemasyarakat baik dalam pelayanan nikah maupun pelayanan keagamaan”, terang Salman.

KUA merupakan salah satu mata rantai yang pokok dalam tupoksi Kementerian Agama, selain pelayanan Haji dan Pendidikan madrasah, maka itu keberadaan Kepala KUA ditengah-tengah masyarakat sangat penting dan urgent.

Salah satu tugas pokok Kepala KUA yakni pengadministrasi dokumen NR, Salman berpesan agar dokumen-dokumen seperti buku nikah di simpan di tempat yang aman.”Karena buku nikah merupakan dokumen negara yang dapat di salahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab”, terangnya.

Selain itu, kata Salman Kepala KUA sebagai contoh tauladan bagi masyarakat dalam pembinaan keagamaan di wilayahnya, apalagi sekarang ada undang-undang tentang biaya nikah dimana jika ada masyarakat yang nikah dikantor KUA dan pada jam kerja tidak dipungut biaya, kecuali nikah diluar balai nikah (seperti dirumah dan diluar jam kerja) maka para calon pengantin dikenakan biaya sebesar Rp.600.000,- yang langsung disetorkan ke Kas Negera.

“ Maka itu kenyamaan dan keamanan Kantor KUA harus selalu terpelihara, sehingga Calon Pengantin (Catin) yang melangsungkan pernikahan di Balai Nikah terasa nyaman, oleh itu saya instruksi bukan hanya kepada Kepala KUA Pulau Sebuku namun seluruh Kepala KUA se Kabupaten Kotabaru agar menjaga kebersihan dan keindahaan suasana Kantor”, kata Salman

Pada Kunker ini Ka.Kemenag Kotabaru di dampingi oleh Humas Kemenag Kotabaru Lukman dan salah seorang staf Penmad Fatur, dalam kedatangannya di sambut langsung oleh Kepala Kantor Urusan Agama ( KUA ) Kecamatan Pulau Sebuku, Drs.Syaifuddin beserta beberapa pegawai dan tokoh agama.(Rep/Ft:Aan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s