Dana BOS Triwulan Keempat di Monitoring Tim Kemenag Kotabaru

Monev BOS MTsS RadjaKotabaru-humas, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan keempat untuk Madrasah semua jenjang Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah baik berstatus Negeri maupun Swasta (MI/MTs/MA) sudah bisa dicairkan. Guna mengontrol mengawasi penggunaan dana pemerintah tersebut, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru lakukan monitoring dan evaluasi secara intensif penggunaan dana tersebut.

Ketua Tim monitoring BOS Kemenag Kotabaru Hj.Siti Fatimah, MM yang diwakili oleh stafnya Bahrinnudin, S.Ag saat melaksanakan monitoring Dana BOS di MIS Raudhatul Jannah Kotabaru, Jum’at (04/12/15) dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiataan monitoring ini merupakan perintah langsung dari Dirjen Pendidikan Agama Islam Kemenag RI agar setiap satuan kerja untuk melaksanakan monitoring kepada madrasah-madrasah yang menerima bantuan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Agama.

“ Tim monitoring yang dilakukan oleh Kemenag Kotabaru terdiri dari 6 orang petugas yakni Kepala Kemenag Kotabaru, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) dua orang staf Penmad, satu orang bendahara pengeluaran dan 1 orang humas Kemenag Kotabaru”, kata Bahrin.

Sementara itu Kasi Penmad Kemenag Kotabaru Hj.Siti Fatimah, MM dalam keterangannya mengatakan bahwa pada tahap awal ini tim hanya memfokuskan pemeriksaan dan pembinaan kepada madrasah-madrasah yang terletak di Ibukota Kabupaten Kotabaru, yaitu di Kecamatan Pulau Laut Utara, seperti MIS Darul Ulum, MTsS Darul Ulum, MAS Darul Ulum, MIS Raudhatul Jannah dan MTsS Raudhatul Jannah.

Kasi Penmad meminta kepada seluruh madrasah yang menerima bantuan dana BOS agar dapat mempergunakan dan mempertanggungjawabkan pengeluaran berdasarkan juklak dan juknis yang sudah diserahkan kemasing-masing madrasah agar dapat dipedomi. “ Perlu diingatkan bagi

Madrasah yang berstatus Negeri, walaupun mempunyai kewenangan dalam mengelola dana BOS sendiri, namun kami meminta agar juga tetap berpedoman pada juklak dan juknisnya”, pinta Siti Fatimah.

Ditempat terpisah, Kepala Kemenag Kotabaru H.Salman Basri mengingatkan kepada pihak madrasah untuk tidak menyalahgunakan dana BOS. “Dana BOS diberikan oleh pemerintah untuk kelancaran proses belajar di masing-masing madrasah, karena itu jangan sampai diselewengkan kalau tidak mau bermasalah dengan hukum,” tegasnya.

Lebih lanjut Salman memerintahkan kepada semua madrasah agar dapat mempedomi dan memahami secara seksama juklak dan juknis penggunaan dana BOS, sehingga dalam pelaporan keuangan tidak terdapat masalah yang urgent. (Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s