H.Salman : Berqurban Merupakan Dorongan Spritual Untuk Ketaatan dan Kecintaan Kepada Allah SWT

Ft.Qurban Kemenag

Kotabaru-humas, Mengambil momentum Hari Raya Idul Adha 1436 H, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru melaksanakan penyembelihan hewan qurban, Kamis (24/09/15) yang berlangsung di halaman Kemenag Kotabaru

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Kotabaru H.Ramadhan yang langsung terjun berkoordinasi dengan panitia qurban dalam pengurusan daging qurban dalam keterangannya mengatakan sangat mendukung kegiataan ibadah qurban ini sebagai tanda berbagi sesama dengan masyarakat lingkungan sekitar. “Penyembelihan hewan qurban ini sebagai bentuk untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah serta rasa syukur atas rejeki yang di berikan oleh Allah SWT.

Selain itu, tambah Ramadhan berqurban adalah perintah Allah SWT, untuk menteladani junjungan Nabi Ibrahim AS dan Putranya Nabi Ismail AS. “ Dengan menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban akan tertanam sikap mulia dan perilaku yang positif serta bermartabat pada diri setiap muslim, “ ujarnya

Namun diingatkan Ramadhan, berqurban jangan dijadikan sebagai kegiatan seremonial atau cari pahala, tapi yang terpenting bagaimana dengan berqurban dapat memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia dan sebagai momentum untuk membangkitkan cinta dan peduli terhadap sesama.

Ramadhan juga cukup bangga atas partisipasi seluruh karyawan-karyawati dalam menyelenggarakan kegiatan penyembelihan hewan qurban.“ Saya mengapresiasi dimana tidak hanya pegawai yang beragama muslim saja yang bekerja, tetapi ada beberapa pegawai yang non muslim turut serta dalam kegiatan ibadah qurban tersebut”, ungkapnya.

Ditempat terpisah Kepala Kemenag Kotabaru H.Salman Basri yang masih berada di Banjarmasin dalam tahap penyembuhan pasca operasi dalam keterangannya menyampaikan bahwa ibadah qurban merupakan dorongan spritual dari seorang muslim untuk membentuk nilai keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT. “ Hikmah dan pesan spitual yang terkandung dalam ibadah qurban diantaranya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan ketulusan hati kepada Allah SWT melebihi kecintaan terhadap kehidupan dunia yang bersifat sementara” tambahnya.

Selain itu, tambah Salman Ibadah qurban merupakan momentum ketaatan dan kecintaan seorang muslim kepada Allah SWT yang tersirat pada kisah Nabi Ibrahim bersama dengan Nabi Ismail dalam memenuhi perintah Allah.

Sementara itu Ketua panitia Qurban, H.Ahmad Kamal, mengatakan untuk tahun ini jumlah hewan qurban yang di sembelih sebanyak tiga ekor sapi yang terdiri dari 2 ekor untuk berqurban dan satu ekor untuk aqiqah.

Selanjutnya H.Kamal yang juga menjabat Penyelenggara Syariah Kemenag Kotabaru ini menambahkan bahwa peserta yang berqurban maupun aqiqah terdiri dari keluarga besar Kemenag Kotabaru untuk pengumpulan dananya langsung di potong oleh petugas Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Al Muawanah Kemenag Kotabaru tiap bulannya sebesar 150 ribu.” Untuk tahun depan kepada pegawai Kemenag Kotabaru yang mau berqurban maupun aqiqah bisa langsung mendaftarkan dirinya baik kepada petugas KPN maupun kepada saya”, terang H.Kamal.(Rep/ft: Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s