Kemenag Kotabaru Gelar Bimtek K13 Bagi Guru Madrasah Tsanawiyah

Ft.Sosialisasi K13Kotabaru-humas, Dalam rangka memberikan solusi kontekstual dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat implementasi Kurikulum 2013 bagi guru madrasah yang mengajarkan mata pelajaran umum pada madrasah tingkat Tsanawiyah baik yang mengajar di swasta maupun negeri, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, melalui seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) melaksanakan bimbingan teknis kurikulum 2013 mata pelajaran umum bagi guru madrasah, Sabtu (19/09/15) bertempat di Aula Kemenag Kotabaru.

Kepala Kemenag Kotabaru H.Salman Basri yang membuka secara resmi kegiatan tersebut dalam arahannya mengatakan Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan kurikulum baru, landasan filosofis dan landasan empirik. Landasan Yuridis merupakan ketentuan hukum yang dijadikan dasar untuk pengembangan kurikulum dan yang mengharuskan adanya pengembangan kurikulum baru. Landasan folosofis adalah landasan yang mengarahkan kurikulum kepada manusia apa yang akan dihasilkan kurikulum landasan teoritik memberikan dasar-dasar teoritik pengembangan kurikulum sebagai dokumen dan proses landasan empirik memberikan arahan berdasarkan pelaksanaan kurikulum yang sedang berlaku di lapangan.

Lebih lanjut Salman menambahkan dewasa ini, kecendrungan menyelesaikan persoalan dengan kekerasan dan kasus pemaksaan kehendak sering muncul di Indonesia. Kecendrungan ini juga menimpa generasi muda, misalnya pada kasus-kasus perkelahian massal, walaupun belum ada kajian ilmiah bahwa kekerasan tersebut berhulu dari kurikulum, namun beberapa ahli pendidikan dan tokoh masyarakat menyatakan bahwa salah satu akar masalahnya adalah implementasi kurikulum yang berlalu menekankan aspek Kognitif dan keterkungkungan peserta didik. Oleh karena itu, kurikulum perlu di reorientasi dan direorganisasi terhadap beban belajar dan kegiatan pembelajaran yang dapat menjawab kebutuhan pada masa sekarang.

“ Saya menghimbau agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga hasilnya dapat diimpelmentasikan dalam memberikan bahan ajar kepada anak didiknya di masing-masing madrasah”, harapnya.

Sementara itu Kasi Penmad Kemenag Kotabaru Hj.Siti Fatimah dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiataan ini diantaranya untuk mensosialisasikan kurikulum 2013 kepada semua kepala madrasah, guru dan pengawas yang dimulai dari rasional, elemen perubahan kurikulum berdasarkan Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Kompotensi Inti (KI), dan Kompotensi Dasar (KD) dengan berbagai pendekatan sampai dengan strategi implementasi kurikulum 2013.

“Diharapkan guru dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan karateristik dan tuntutan Kurikulum 2013, setelah mengikuti kegiataan ini”, kata Siti Fatimah.

Selanjutnya Siti Fatimah menambahkan bahwa kegiataan ini diikuti sebanyak 50 peserta terdiri dari guru mata pelajaran umum madrasah Tsanawiyah baik yang bertugas di madrasah swasta maupun negeri. “ Untuk Bimtek Kurikulum 2013 dilaksanakan selama 3 hari serta sebagai narasumber kegiataan Asy’ari, S.Pd yang merupakan Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin”, terangnya.(Rep:Lukman / Ft:Dhani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s