Kemenag Gelar Rukyat Hilal Awal Djulhijjah

Ft.Rukyat 1 Djulhijah

Kotabaru-Humas, Bertempat di Gunung lampu (mercusuar) Desa Hilir Muara Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Minggu (13/09/15) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru melalui Penyelenggara Syariah (Bisnyar) melaksanakan rukyat hilal menentukan masukkan bulan awal Dzulhijjah yang memastikan Raya Idul Adha 1436 H (10 Dzulhijjah 1436 H).

Pelaksanaan hilal kali ini di mulai dari puncak gunung lampu sekitar pukul 18.00 wita atau terbenamnya matahari. Dengan memakai teropong masing-masing utusan ormas keagaman berusaha melihat bulan. Dari hasil pantauan di ambil kesimpulan bulan tidak terlihat tertutup awan dan kabut tebal.

Dalam keterangannya salah seorang pelaksana penyelenggara Syariah, Sudirman mengatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan anjuran dari Kementerian Agama RI yang menjadwalkan hisab rukyat penentuan hari raya Idul Adha 1436 H pada malam hari selesai pelaksanaan rukyat di seluruh Indonesia.

“ Dengan dilaksanakan hilal ini maka akan diketahui awal bulan Dzulhijjah, sehingga dapat dipastikan tanggal berapa jatuhnya 10 Dzulhijjah atau Hari Raya Qurban”, kata Sudirman.

Sementara itu Kasubbag. Tata Usaha Kemenag Kotabaru dalam keterangannya mengatakan dengan hasil rukyat yang tidak terlihat ini langsung disampikan laporannya kepada Kemenag RI dan Kanwil Prov.Kalsel sebagai bahan laporan dalam pelaksanaan sidang Isbat yang di gelar malam nanti Auditorium Kemenag RI.

“ Untuk itu kepada masyarakat jika terjadi perbedaan melaksanakan Hari Raya Idul Adha, mari kita hormati yang terlebih dahulu melaksanakan shalat Idul Adha,” kata Ramadhan.

Hadir pada rukyat hilal, Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kotabaru di wakili oleh H.Zulkifli BT, Pengadilan Agama, sedangkan dari organisasi keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah serta beberapa tokoh agama.(Rep:Lukman / Ft: Dhani).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s