Parpol Akan Ramaikan Pawai Takbiran Idul Adha

Ft.Rakor Idul AdhaKotabaru-humas, Bertempat di aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru, Selasa (08/09/15) Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kotabaru menggelar rapat koordinasi pelaksanan pawai takbiran menyambut hari Raya Idul Adha 1436 H, yang dihadiri Kabag Kesra Setda Kotabaru, Kakan Kemenag, dan beberapa dinas terkait seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Satlantas Kotabaru dan seluruh pengurus PHBI.

Rapat yang dipimpin Ketua Umum PHBI Kotabaru H.M.Imran didampingi KaKemenag dan Kabag Kesra menguraikan beberapa item yang terkait dengan pelaksanaan pawai takbiran menyambut Hari raya Idul Adha.

Ka.Kemenag Kotabaru Drs.H.Salman, dalam arahannya meminta kepada semua pengurus PHBI dan berbagai pihak yang terkait untuk membantu menyemarakkan hari kemenangan termasuk pada malam takbiran, sehingga keamanan dan ketertiban tetap terjaga sehingga kegiatan berjalan secara kondusif.

“ Terlebih kita pada saat ini memasuki masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), jadi mari kita jaga suasanan kondusif ini dengan bersama-sama memberikan rasa aman dan tentram bagi masyarakat yang akan menyaksikan pawai takbiran Idul Adha”, harap Salman.

Salman menambahkan untuk penetapan hari dan tanggal jatuhnya hari Raya Idul Adha tetap menunggu pengumuman resmi dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI.
” Maka dengan menunggu hasil sidang Isbat tersebut, agar panitia pelaksanaan sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya, terutama pemberitahuan dan undangan kepada peserta baik dari instansi, sekolah maupun remaja masjid, agar secepatnya dikirimkan”, kata Salman.

Sementara itu Kepala Bagian Kesra, mengatakan bahwa pemerintah daerah melalui anggaran yang terdapat di Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) telah dianggarkan dalam APBD, sehingga pihak mengupayakan sebelum perlombaan ini dimulai dananya sudah dapat dicairkan, sehingga pawai takbiran bisa berjalan dengan baik. “Ini kan acara rutin, kita upayakan agar dananya tahun ini tetap terlaksana, mudah-mudahan semua elemen masyarakat bisa berpartisipasi,” terangnya.

Sebelumnya Ketua Umum PHBI Drs.H.M.Imran yang menyampaikan bahwa panitia akan bekerjasama secara maksimal dalam mensukseskan acara pawai takbiran ini, tidak lupa pihak panitia juga sudah menyiapkan hadiah bagi pemenang, jadi, diharapkan semua ikut berpartisipasi pada malam takbir nanti.

Selain itu, perlombaan pawai takbiran ini yang menjadi penilaiannya adalah jumlah terbanyak, kreasi peserta dalam mengikuti pawai dan kekompakan peserta. “Saya pikir kalau peserta kompak dan saling bekerjasama pasti menang,” katanya.

Dari hasil rapat tersebut telah disepakati pelaksanaan pawai takbiran menyambut Idul Adha 1436 H/2015 M terbagi dua kategori, yakni kategori Jalan Kaki dan Roda Empat dengan star di depan Halaman Gedung DPRD dan finish Taman Siring Laut dengan melewati jalur-jalur protokol. Khusus untuk peserta roda empat saat menuju tempat lokasi pawai untuk mengambil jalan Jenderal Sudirman dan menempatkan posisi mobilnya di depan Gedung Abdi Negara Kotabaru.

“ Untuk menghindari hal-hal yang berbau kampanye, partai politik bisa ikut serta pada Pawai ini, namun dilarang keras menampilkan calon-calon yang diusung oleh parpol tersebut, hal ini untuk menjaga netralitas dan kesucian Hari Raya Idul Adha”, terang Imran.(Ref:Lukman / Ft:Dhani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s