Operator EMIS Kemenag Kotabaru Ikuti Pelatihan Dan Penguatan Data EMIS

Ft.EMIS KtbKotabaru-humas, Sebanyak dua orang operator Education Management Information System (EMIS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, mengikuti pelatihan dan penguatan tenaga kependidikan yang diselenggarakan oleh bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, selama tiga hari (4 s.d. 6 September) di Balai Diklat Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel.

Operator EMIS Kemenag Kotabaru yang mengikuti kegiataan tersebut yakni untuk bidang Pendidikan Agama Islam Muhammad ST dan untuk bidang Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Lukman Ansari.

Pelaksanaan pelatihan dan penguatan data EMIS untuk menyajikan data EMIS semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 bidang Pakis ini dibuka secara resmi Kepala Kantor Kemenag Prov.Kalsel H.M.Thambrin, yang turut dihadiri oleh seluruh operator EMIS dan Kepala Seksi Pakis se Kalimantan Selatan.

Kepala Kemenag Kotabaru H.Salman dalam keterangannya menyambut baik pelaksanaan kegiataan tersebut, dimana data EMIS merupakan kebijakan pendataan Pendidikan Islam Satu Pintu melalui EMIS.

“Peran emis adalah sebagai data acuan dalam perencanaan program pendidikan yang dinaungi oleh Kementerian Agama untuk menentukan alokasi bantuan rehab ruang kelas, penerimaan BOS bagi pondok pesantren Wajar Dikdas, dan pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP). Semua ditetapkan bila data EMIS di Pontren maupun Madin terjamin kelengkapan, keakuratan datanya dan ketepatan waktunya,” ungkapnya.

Salman menambahkan bahwa Perencanaan yang baik memerlukan dukungan data yang baik, segala bentuk kegiatan didasarkan pada data yang valid maka memudahkan untuk verifikasi maupun pengajuan bantuan.

Muhammad ST operator EMIS bidang Pais menjelaskan pada kegiataan ini peserta diperkenalkan sistem EMIS Updating data menggunakan bantuan aplikasi validasi desktop dimana proses pengiriman filenya di back-up data dari lembaga langsung di upload ke server EMIS melalui aplikasi EMIS online yang bisa langsung diakses oleh Kemenag RI pada saat itu juga.(Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s