Kemenag Gelar Peningkatan Kerukunan Antar Umat Beragama

Ft.Pembinaan KerukunanKotabaru-humas, Dalam rangka meningkatkan toleransi umat beragama di Kabupaten Kotabaru agar terus dan tetap terjaga dan terpelihara, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kotabaru melaksanakan pembinaan umat beragama dengan beberapa tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, Senin (31/08/15).

Acara yang dilaksanakan di Ball Room Hotel Grand Surya Kotabaru yang dibuka langsung oleh Bupati Kotabaru dalam hal ini Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan, H.Eko Suryadi WS ini juga dilaksanakan diskusi panel peningkatan toleransi kerukunan intern dan antar umat beragama.

Dalam sambutannya H.Eko Suryadi WS mengatakan, Wilayah Kotabaru seperti kita ketahui merupakan wilayah terluas di Kalsel, dimana masyarakatnya juga berpenduduk heterogen, yang dihuni berbagai suku, adat,budaya dan agama. Jika tidak diimbangi sikap toleransi yang tinggi maka berpotensi munculnya konflik.

Sehingga, menurut Eko, tingginya kesadaran, kepedulian dan kebersamaan terhadap daerah sangat penting dalam rangka menyikapi berbagai peristiwa, dinamika perubahan serta isu-isu senteral yang terjadi dimasyarakat.

“ Atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan terima kasih kepada Kemenag Kotabaru yang telah menyelenggarakan kegiataan ini, yang mana merupakan salah satu strategis dalam rangka menyamakan dan menyatukan cara pandang serta pola pikir seluruh umat beragama yang berkumpul disini”, katanya.

Diungkapkannya, walaupun di daerah kita kerukunan umat beragama cukup berjalan dengan kondusif, berkat toleransi yang terjalin dengan cukup baik, namun kita tidak boleh lengah agar situasi yang tenang dan nyaman ini tetap terjaga dengan baik.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Kotabaru,H.Ramadhan, selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan berdasarkan Permen Nomor 9 Tahun 2006 pasal 1 bahwa kerukunan umat beragama adalah hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agama dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kondisi kerukunan hidup antarumat beragama di Bumi Saijaan terjaga dengan baik, Ini dikarenakan sikap saling menghargai, menghormati dan saling mengakui perbedaan yang merupakan kunci sukses kerukunan umat beragama.

Ramadhan menuturkan, peran seluruh komponen bangsa yang ada dalam mewujudkan Kotabaru damai dapat bersinergis.“Pemerintah, adat dan agama sebagai tiga pilar utama dalam menjaga kerukunan hidup umat beragama, dalam menjaga nilai-nilai kerukunan umat beragama,” tuturnya

“Kegiatan yang dikemas dalam diskusi panel ini tidak sebatas para pemimpin pemuda lintas agama, namun juga melibatkan para anggota yang kemudian diharapkan dapat menjadi penyambung lidah di masyarakat (internal umat) tentang pentingnya kerukunan hidup beragama,” tambahnya.(Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s