Tugas dan Fungsi Karu/Karom Selalu Menjaga KeKompakan Jamaahnya

Ft.Pembinaan Karo KaromKotabaru–Humas, Untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan tugas dan fungsinya sebagai Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru melaksanakan pembinaan Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) bagi Jemaah Calon Haji (JCH) Kotabaru, Kamis (27/08/15) di Aula Kantor Kemenag Kotabaru.

Kepala Kemenag Kotabaru H.Salman dalam arahannya mengatakan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama terus memaksimalkan penyelenggaraan ibadah baik mulai dari pendaftaran sampai keberangkatan hingga kedatangan dari Tanah Suci, hal ini merupakan salah satu komitmen dari Kementerian Agama dalam melalui Direktorat Jenderal Haji dan Umrah dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat indonesia dalam menjalankan ibadah haji, dengan diberikan perlindungan dan kenyamaan dalam menjalankan ibadah baik selama di Tanah Air maupun di Tanah Suci.

Tugas dan fungsi karu maupun karom merupakan tugas mulia, yakni sebagai pemimpin dalam satu rombongan maupun regu dalam menjalankan segala ritual haji di tanah Suci. “ Peran Karu dan Karom sangatlah membantu bagi kelancaran dan kekompakan jamaah haji dalam melaksanakan perjalanan hajinya selama di Tanah Suci”, kata Salman.

Masih dikatakannya Karu dan Karom bertugas untuk membantu petugas kloter dalam menjalankan tugasnya, dimana para Karu/Karom terus memberikana dan berkomunikasi dengan petugas kloter dalam menjalankan tugasnya sehingga seluruh jamaah haji dapat terlindungi dan mudah dalam menjalankan ritual hajinya.

“ Semoga dengan ilmu dan pengalaman yang akan diberikan nara sumber nanti dapat memudahkan karu dan karom, simak dan perhatian semua materi yang diberikan dan bertanyalah jika ada sesuatu yang kurang dimengerti, sehingga dalam prakteknya nanti kalian dapat membimbing jamaahnya dengan baik,” harap Salman kepada petugas Karu dan Korum.

Sementara itu Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kotabaru H.Syahruji melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang tugas pokok seorang karu dan karom dalam membimbing jamaahnya selama melaksanakan perjalanan ibadah haji.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 16 Ketua Regu dan 4 orang Ketua Rombongan. “ Dengan dilaksanakannya pembinaan ini maka untuk pelayanan kepada calon jamaah haji Kotabaru yang sudah tinggal menunggu keberangkatan ke Tanah Suci, terlebih dahulu CJH Kotabaru telah melaksanakan manasik Kabupaten sebanyak dua kali dan manasik kecamatan sebanyak 4 kali,” terang Syahruji.

Pada kegiatan ini diberikan beberapa materi yang disampaikan oleh Kepala Kemenag Kotabaru tentang Kebijakan Pemerintah Dalam Pelayanan Haji, KH.Mukhyar Darmawi tentang Shalat di Dalam Pesawat dan KH.Mulkani AA,BA tentang Perjalanan Ibadah Haji

Selanjutnya Syahruji menerangkan bahwa jamaah haji Kabupaten Kotabaru masuk dalam kloter BDJ-08 dengan jumlah jamaah sebanyak 170 orang jamaah, bergabung dengan CJH asal Tanah Bumbu dan Kota Banjarbaru.” Untuk jadwal keberangkatan dan pelepasan jamaah haji Kotabaru menuju Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dijadwalkan pada tanggal 12 September nanti di Masjid Agung Husnul Khatimah, sedangkan keberangkatan menuju Tanah Suci tanggal 14 September pukul 02.50 Wita, untuk maktab Kloter BDJ-08 menempati maktab Mahbaz Jin dengan nomor rumah 201”, terangnya.(Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s