Serapan Anggaran di Bawah 50% Kemenag Gelar Pembinaan Laporan Keuangan

Ft.Pembinaan Keuangan

Kotabaru-humas, Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penyusunan dan pengolahan laporan keuangan menuju terwujudnya perencanaan kegiataan yang baik, pengelolaan keuangan dan realisasi anggaran yang tertib, transparan, lancar dan akuntabel, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru melaksanakan kegiatan pembinaan penyusunan dan pengolahan laporan keuangan di lingkungan Kemenag Kotabaru, Selasa (25/08/15) di Ball Room Hotel Grand Surya Kotabaru.

Kepala Kemenag Kotabaru H.Salman dalam sambutannya mengatakan penguatan kualitas tata kelola keuangan Kementerian Agama sangatlah penting, sehingga sebagai aparatur dituntut memperhatikan peningkatan penyerapan anggaran pada satuan kerja masing-masing.

“ Kita semua dituntut untuk mengoptimalkan penerapan prinsip Good Governance dalam pengelolaan keuangan negara, meningkatkan transparansi, serta kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan seiring dengan upaya menjaga kualitas pelaksanaan anggaran sendiri, maka diharapkan agar pengelolaan keuangan wajib mentaati aturan dan perundang-undangan yang telah ditetapkan ”, ucapnya.

Ka.Kemenag Kotabaru juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ini tentu akan memberikan manfaat yang sangat baik kepada seluruh pejabat pengelola keuangan, pengelola program/kegiatan serta seluruh staf khususnya yang terkait dengan pelaksanaan program/kegiatan.

“Pertemuan kita hari ini sangat penting dan karena sampai saat, laporan realisasi belanja Kemenag Kotabaru (laporan per tanggal 31 Juli) masih belum mencapai 50% dari pagu anggaran, hal ini mengisyaratkan betapa pentingnya akselerasi pelaksanaan anggaran yang perlu kita lakukan baik yang menyangkut belanja pegawai, belanja modal, belanja barang dan jasa serta bantuan sosial”, ungkapnya.

Sementara itu Kepala Subbagian Tata Usaha Kemenag Kotabaru H.Ramadhan, selaku panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiataan ini untuk meningkatkan profesionalitas kepada para pengelola keuangan Dimana dalam hal penggunaannya harus tepat sasaran, efisien, dan efektif sehingga tujuan sudah ditetapkan dalam perencanaan bisa terwujud.

“Pengelolaan keuangan yang transparansi juga perlu pengendalian intern yang dilakukan secara terus menerus kepada seluruh pengelola keuangan atas kepercayaan untuk mengembangkan tugasnya dengan memberikan keyakinan akan tercapainya tujuan pembangunan melalui keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset daerah dan ketaatan terhadap peraturan,”terang Ramadhan.

Lebih lanjut Ramadhan menambahkan bahwa kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari Kepala Seksi dan penyelenggara, Kepala KUA se Kabupaten Kotabaru, Kepala Madrasah dan pengelolan keuangan madrasah, serta staf pelaksana di jajaran Kemenag Kotabaru.(Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s