Kemenag Kotabaru beserta Tokoh Agama Tandatangani MoU Kerukunan Umat Beragama

Ft.MoU Polres

Kotabaru-humas, Kepala Kantor Kementerian Agama H.Salman Basri, yang diwakili oleh H.M.Pran Limhar dengan beberapa tokoh antarumat beragama menandatangani kesepakatan bersama untuk peningkatan kerukunan antar umat beragama. Penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) antar umat beragama, yang digagas oleh Polres Kotabaru, berlangsung di Aula Arya Gupta Polres Kotabaru, Jumat (24/07/15).

Kapolres Kotabaru Ajun Komisaris Besar Polisi Suhasto dalam sambutannya mengatakan nota kesepakatan ini dibuat untuk meningkatkan kerukunan umat beragama dan toleransi umat beragama di Kabupaten Kotabaru, serta sebagai upaya untuk menghindari gesekan-gesekan antar umat beragama dan upaya pelanggaran melawan hukum.

“ Dengan MoU maka jika terjadi gesekan-gesekan antar umat beragama dapat teratasi sesegera mungkin, karena hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan terhadap stabilitas keamanan tercantum pada nota kesepakatan tersebut”, ujarnya

Kapolres mengutarakan beberapa isi pokok nota kesepakatan tersebut diantaranya, pertama semua umat beragama tidak mudah terpancing isu provokasi yang dapat merusak kerukunan antar umat beragama. Kedua memberikan toleransi yang tinggi kepada umat beragama dalam melaksanakan ibadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing dengan rasa aman, tentram dan damai. Ketiga Turut serta menjaga keamanan dan ketertiban antar umat beragama, serta ikut mewujudkan terciptanya suasana yang kondusif aman dan tertib, selama kegiatan keagamaan berlangsung.

Sementara itu Kepala Kemenag Kotabaru H.Salman Basri dalam keterangan menyambut baik MoU tersebut untuk memberikan rasa aman, tertib dan damai antar pemeluk agama agar dapat hidup berdampingan dan menolak provokasi.

Salman mengimbau kepada masyarakat Kotabaru untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang dapat merusak kerukunan umat beragama yang sudah terjalin dengan damai dan kondusif di bumi Saijaan ini. “ Hendaknya kita saling menjaga dan menelusuri jika ada informasi yang dapat merusak tatanan kerukunan umat beragama”, terang Salman.

Adapun tokoh umat beragama yang menandatangani MoU tersebut diantaranya Perwakilan dari Agama Islam KH.Mukhyar Darmawi, Perwakilan dari Agama Kristen Prostestan, yaitu Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Pdt.Yosias Samuel, Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Pdt.Tuah Kutuuni, perwakilan dari Kristen Katolik Drakon Andreas Setyo Indroprojo, perwakilan dari Agama Hindu I Ketut Budiana dan Perwakilan dari Agama Budha Gin Lan, serta tokoh masyarakat Hardiyandi

Sedangkan untuk ormas maupun Instansi yang turut serta dalam penandatangan kesepakatan tersebut terdiri dari Polres Kotabaru, Dandim 1004, Danlanal Kotabaru, Kemenag Kotabaru yang diwakili oleh H.Pran Limhar, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH.Muchtar Mustajab, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) H.Muchtasar, S.Ag, Ketua Muhammadiyah, H.Abdul Samad, S.Pd, Ketua Lembaga Da’wah Islam Indonesia (LDII) H.Guslan dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) H.Busran dan KH.Ahmad Djailani Darmawan (Guru Aduy).(Rep:Lukman /Ft:Bripka Irwan ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s