Jiwa Bersih Lebih Penting Dalam Memaknai Hari Raya Idul Fitri

Ft.Makna Idul Fitri

Kotabaru-humas, Sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari kemenangan, yakni menyambut hari raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri biasanya identik dengan tradisi mudik, halal bihalal, kesuka citaan, hidangan kue lebaran dan lain sebagainya.

Menyingkapi hal tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H.Salman Basri, Kamis (16/07/15) saat melaksanakan rukyat hilal penetuan satu syawal di Menara Suar Gunung Belingkar Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin (Gunung Lampu) Desa Hilir menerangkan bahwa hal yang baru boleh-boleh saja tidak dilarang, tetapi alangkan baik kita juga menginginkan jiwa yang baru pula dengan bersih dari segala dosa-dosa. “ Terkadang kita lupa bahwa hal penting dalam memaknai Idul Fitri untuk pembersihan jiwa yang baru, jadi jangan sampai Ramadhan yang sebentar lagi meninggalkan kita tanpa jiwa yang bersih”, katanya.

Idul Fitri juga bisa diartikan sebagai puncak atau klimaks dari pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Idul Fitri sendiri memiliki keterkaitan makna dengan tujuan akhir yang ingin diraih dari pelaksanaan kewajiban berpuasa.

Kemenangan disini adalah bentuk dari kemenangan dalam menggapai kesucian atau perwujudan dari kembali kepada keadaan fitrah manusia layaknya seperti seorang bayi yang baru dilahirkan, bersih dan tanpa dosa.

“ Mari kita isi hari kemenangan ini dengan pembersihan jiwa seutuhnya, apa yang telah kita lakukan selama di bulan Ramadhan seperti Shalat berjamaah, bersedekah, menyambung tali silaturrahmi, terus kita bina selepas Bulan Ramadhan, hal ini yang menjadi pembelajaran bagi kita selama menjalankan ibadah puasa”, ajak Salman.

Salman menambahkan bahwa makna yang terpenting dalam perayaan Idul Fitri adalah kembali ke fitrah atau bersih jiwa kita. “ Bukan mudik, baju baru atau sebagainya yang diutamakan”, ujarnya.(Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s