Sebanyak 80 Persen CJH Kotabaru Sudah Lunasi BPIH

Ft.Pelunasan HajiKotabaru-humas, Hampir 100 lebih sudah calon jamaah haji asal Kabupaten Kotabaru yang telah melunasi Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1436 H/2015 M. Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji danUmrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Drs.H.Syahruji, Senin (22/06/15).

Dari kuota haji tahun ini Kabupaten Kotabaru memperoleh porsi sebanyak 148 jamaah, kemudian hingga saat ini yang melunasi BPIH hampir mencapai 80 persen. “ Pelunasan BPIH tahap pertama akan berakhir pada 30 Juni mendatang”, terangnya.

Syahruji menerangkan bahwa masing-masing jamaah calon haji harus melunasi BPIH sebesar 2924 Dollar atau sekitar Rp.38 Juta jika kurs rupiah terhadap dollar sebesar Rp.13 ribu. Dimana jumlah setoran tahun ini turun sekitar Rp.2 Juta jika dibandingkan pelunasan BPIH tahun lalu. “ Jadi masih ada sekitar 48 calon jamaah haji Kabupaten Kotabaru yang belum melunasi BPIH”, tambahnya.

Sementara itu Kepala Kemenag Kotabaru, Drs.H.Salman Basri,MM menghimbau kepada calon jamaah haji yang belum melunasi BPIH agar segera melakukan pelunasan sesuai dengan kurs dollar yang berlaku pada tersebut.” Jangan menunda-nunda menunggu kurs dollar turun, karena pengaruhnya tidak terlalu banyak.Umumnya calon jamaah yang berangkat tahun ini sudah membayar uang muka BPIH sebesar Rp 20 juta, dengan demikian berarti harus menyiapkan uang pelunasan sekitar Rp.19 Juta”, ujarnya.

Salman mengingatkan agar calon jamaah haji segera melakukan pelunasan BPIH, sehingga bisa segera menjalani proses pemberkasan di Kantor Kemenag Kotabaru dibagian seksi penyelenggara haji dan umrah.

Selain itu Kemenag menyiapkan masa pelunasan tahap kedua. Yakni mulai 7 Juli hingga 13 Juli. Pelunasan tahap kedua ini untuk jaga-jaga jika ada calon jamaah haji (CJH) yang mengalami gangguan teknis pelunasan BPIH pada tahap pertama. Selain itu pelunasan tahap kedua juga dipakai jika ada sisa kuota atau kursi dari masa pelunasan tahap pertama.

“Kita berharap semoga pelaksanaan haji tahun ini semakin baik, dan calon jamaah haji Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Kotabaru selalu diberikan kesehatan,”ucapnya.

Untuk diketahui, calon jamaah haji yang berhak melakukan pelunasan tahap pertama adalah mereka yang telah memiliki nomor porsi dan masuk dalam alokasi kuota provinsi atau kabupaten/kota tahun 2015 dengan ketentuan diantaranya belum pernah menunaikan ibadah haji, telah berusian 18 tahun atau sudah menikah.(Rep/Ft:Lukman).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s