Baznas Kotabaru Tetapkan Kadar Nilai Zakat Fitrah Tahun 1436 H / 2015

Ft.Penetapan Nilai Zakat Fitrah

Kotabaru-humas, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kotabaru menetapkan Kadar Nilai Zakat Fitrah Tahun 1436 H / 2015, bagi masyarakat daerah Kabupaten Kotabaru dan sekitarnya yang akan mengeluarkan zakat fitrahnya.

Penetapan nilai kadar zakat fitrah tersebut setelah adanya hasil kesepakatan antar pihak-pihak terkait seperti Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Organisasi Islam, Baznas Kotabaru dan Instansi dari Pemerintah Daerah Kotabaru (Dinas Perdagangan dan Pasar serta Bagian Kesra). Dimana pada pertemuan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu menetapkan nilai kadar zakat fitrah untuk tahun ini sebesar 2,5 kilogram beras setiap jiwa. Sedangkan jika zakat fitrah dinilai dengan uang ditentukan sesuai dengan jenis beras yang dikonsumsi.

Kepala Kemenag Kotabaru, Drs.H.Salman,MM, dalam keterangannya mengatakan dengan telah ditetapkan nilai zakat fitrah tersebut maka sebaiknya masyarakat Kabupaten Kotabaru sudah dapat membayar zakat fitrah di awal-awal Bulan Ramadhan.” Kepada seluruh masyarakat Bumi Saijaan untuk sesegera mungkin mengeluarkan zakat fitrah diawal Bulan Ramadhan”, ajak Salman.

Selain untuk memudahkan petugas Unit Penerima Zakat (UPZ) dalam mendistribusikan zakat fitrah untuk di serahkan kepada kaum dhuafa/penerima zakat fitrah, juga memberikan waktu yang panjang, karena jika diakhir-akhir Ramadhan kesibukkan masyarakat bertambah dan sering terlupakan sehingga pada malam lebaran nanti petugas UPZ sangat kerepotan dalam menerimakan zakat fitrah masyarakat.

Saya juga mengingatkan masjid maupun langgar untuk secepatnya membentuk panitia Unit Penerima Zakat (UPZ) di masing-masing daerahnya agar memudahkan masyarakat yang ingin mengeluarkan zakat fitrahnya secepatnya.

Senada yang disampaikan oleh Kepala Kemenag Kotabaru, Ketua Baznas Kotabaru KH.Mukhyar Darmawi mengatakan penetapan kadar nilai zakat fitrah ini sesuai dengan ketentuan zakat fitrah bagi umat Islam di mana makanan pokok sesuai dengan yang dikonsumsi masing-masing keluarga dengan kadar 2,5 kg beras per jiwa.

Terhadap penetapan kadar zakat fitrah tersebut, Baznas Kotabaru mengimbau komponen masyarakat Bumi Saijaan agar dapat menyerahkan zakat fitrahnya lebih awal karena penyerahan zakat lebih awal jauh lebih baik.

“Masyarakat tidak perlu menunggu sampai malam lebaran atau satu dua hari menjelang lebaran. Dengan membayar/menyerahkan zakat fitrah secepatnya, maka akan lebih baik agar pihak panitia penerima zakat fitrah dapat cepat pula membagikan zakat yang terkumpul itu kepada masyarakat yang berhak menerima,” imbuhnya.

Adapun penetapan kadar zakat fitrah dibagi beberapa kategori, yakni kategori satu jenis beras Unus Mutiara dan sejenisnya dengan nilai uang sebesar Rp.45.000/jiwa, kategori dua jenis beras lele, Istana, Santik, Semar dan sejenisnya dengan nilai uang sebesar Rp.32.000/jiwa sedangkan untuk kategori tiga jenis beras Pandan Wangi, Kenari, dengan nilai uang sebesar Rp.28.000/jiwa.(Rep/Ft:Lukman)

2 responses to “Baznas Kotabaru Tetapkan Kadar Nilai Zakat Fitrah Tahun 1436 H / 2015

  1. assalaamu’alaikum.
    ulun mudim masjid/kaum di pamukan estate,
    disini harga beras larang daripada pasaran, brarti kawa ja dinilai 2,5 kg beras dg hara disini lah Pak ?
    mohon jawaban secepat nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s