Ka.Kemenag Kotabaru : Wakaf Harus Di Kelola Secara Profesional

Ft.Pembinaan Wakaf

Kotabaru-humas, Disadari wakaf sebagai salah satu pranata keagamaan yang tidak bisa dipisahkan dari persoalan setiap individu, keluarga, masyarakat serta menjiwai kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka Untuk lebih mengoptimalkan peranan perwakafan di Kabupaten Kotabaru, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru yang diprakasai penyelenggara Syariah Kemenag Kotabaru melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan Wakaf.

Dalam sejarah perkembangan Islam, wakaf di kenal sejak masa Rasulullah SAW ketika beliau berjirah ke Madinah. Wakaf pada masa tersebut sebagai penompang modal utama dalam perkembangan Islam pada saat itu.

“ Maka sangatlah penting pengelolaan wakaf di kelola secara profesional dengan meningkatkan pemahaman terhadap fungsi wakaf, sehingga akan memberikan manfaat yang bagi peningkatan kesejahteraan umat”, ungkap Kepala Kemenag Kotabaru Drs.H.Salman Basri,MM saat membuka secara resmi pelaksanaan Pembinaan dan Pemberdayaan Wakaf, Senin , (18/05/15), di Meeting Room Grand Surya.

Salman berharap kegiataan ini akan dapat memberikan pemahaman bagi para Nadzir dan Wakif serta para Kepala KUA tentang pengelolaan wakaf, sehingga nantinya wakaf yang ada selama ini tidak stagnan akan tetapi akan lebih bermanfaat dan berhasil guna.”Harta yang diinfakkan dijalan Allah akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah. Maka diharapkan bagi setiap muslim untuk meningkatkan infaq dan shadaqahnya begitu juga dengan wakaf.”, terang Salman.

Sementara itu dalam laporannya Penyelenggara Syariah Kemenag Kotabaru Dr.H.A.Kamal, M.Ag mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan wakaf serta membangunan kesadaran umat Islam terhadap peran dan pentingnya wakaf bagi kesejahteraan umat.

Lebih Lanjut H.Kamal menambahkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti kegiataan ini sebanyak 40 orang, yang terdiri dari Kepala KUA Kecamatan, Penyuluh Agama Islam baik PNS maupun non PNS, Pengurus Masjid Kecamatan Pulau Laut Utara dan Ormas Islam.

Diharapkan semua peserta agar berperan aktif selama kegiatan berlangsung karena narasumber yang akan memberikan materi langsung dari Kepala Bidang Penerangan Islam, Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan, Dra.Hj.Nurmilati, AM, MAP dan H.Rusli Hatta, Lc Kepala Seksi Wakaf. “ Para peserta untuk lebih fokus dalam memperhatikan dan menyerap materi yang diberikan. Hal ini dimaksudkan untuk bisa mewujudkan terkelolanya wakaf dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat”, harap H.Kamal.(Rep : Lukman / Ft: Dhani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s