MIN Kotabaru Laksanakan Peringatan Isra Miraj

Ft.MIN Isra Mir'aj

Kotabaru-humas,Seperti kita ketahui bersama Bulan Rajab dalam kalender Hijriah, merupakan salah satu bulan yang penuh dengan rahmat dan hidayah, karena pada bulan tersebut suatu peristiwa penting bagi umat Islam, yakni Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga ke Sidratul Muntaha yang dikenal dengan peristiwa Isra’ Mir’aj.

Mengambil momen tersebut, keluarga besar Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kotabaru (MIN) Kotabaru, beberapa waktu lalu melaksanakan peringatan Isra’ Mir’aj Nabi Besar Muhammad SAW 1436 Hijriah, yang berlangsung khitmad yang diikuti hampir seluruh pelajar dan dewan guru.

Dalam sambutannya Kepala MIN Kotabaru H.Asrani, S.Ag mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan merupakan agenda PHBI Madrasah yang bertujuan mengantarkan siswa-siswi MIN kepada tercapainya hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj dan tujuan pelaksaan shalat fardhu 5 waktu.

Arsani menambahkan bahwa salah satu tujuan peringatan Isra’ Mi’raj adalah meningkatkan keimanan kita dalam melaksanakan ibadah sholat. Dan sebaik-baiknya sholat adalah jika dilakukan tepat waktu. “ Jangan jadikan kegiatan ini sekedar seremonial saja, oleh karenanya jika setelah peringatan Isra’ Mi’raj ternyata pada waktu shalat masih banyak anak-anak yang melambatkan shalatnya , maka tujuan peringatan Isra’ Mi’raj belum tercapai,” kata Arsani.

Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan para siswa mengenal kembali sejarah hidup Nabi Muhammad SAW dan mereka dapat melaksanakan shalat dengan benar sehingga tujuan daripada ibadah shalat yaitu menjadi orang yang bertaqwa dapat tercapai.

Kegiatan Isra Mi’raj tersebut diisi dengan Ceramah oleh Marfuah, S.Ag salah seorang penyuluh Agama Islam Kemenag Kotabaru. Dalam ceramahnya ustadzah Marfuah menuturkan bagaimana ilmu manusia tidak mungkin bisa menjabarkan hakikat perjalanan isra’ mi’raj. Bahwa hanya dengan iman kita mempercayai bahwa isra’ mi’raj benar-benar terjadi dan dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Jadi makna yang terkandung dalam Isra Mir’aj diantaranya Rasulullah melihat sendiri bagaimana orang-orang beriman ditempatkan di dalam surga setelah meninggal nanti. Juga sebaliknya, orang-orang yang tidak beriman menjadi penghuni neraka.

“Peristiwa Isra’ Mi’raj menegaskan betapa pentingnya perintah sholat minimal 5 (lima) waktu hingga Allah memanggil sendiri Nabi Muhammad SAW secara langsung untuk menerima perintah tersebut”, kata Marfuah.(Rep/Ft:Lukman).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s