Kemenag Kotabaru Laksanakan Pembinaan Pasca Haji

Ft.Pasca Haji

Kotabaru-humas, Dalam rangka menjaga kemabruran dan mempererat tali silaturrahmi antar jamaah haji tahun 1435/2014, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru melalui Penyelenggaraan Haji dan Umrah melaksanakan pembinaan Pasca Haji, yang di gelar di Meeting Room Hotel Kartika, Rabu (06/05/15).

Dalam sambutannya Bupati Kotabaru H.Irhami Ridjani yang dibacakan oleh Asisten III Setda Kotabaru Ir.H.Rizan Fakhriansyah mengatakan Ibadah haji adalah merupakan rukun Islam yang ke-lima yaitu berupa ibadah yang wajib di laksanakan oleh kaum muslimin yang telah memenuhi persyaratan mampu untuk melaksanakannya, dengan melalui beberapa fase yang harus dilewati seperti mulai dari pendaftaran, keberangkatan haji, melaksanakan ritual haji baik di Mekkah maupun di Madinah serta pemulangan ke Tanah Air. “ Maka semua ritual yang telah dijalani ini sudah sepatutnyalah jamaah haji dapat menjaga kemabruran haji dalam pergaulan di masyarakat”, ucapnya.

Irhami menambakan seiring dengan meningkatnya jumlah masyarakat muslim Indonesia yang berniat untuk melaksanakan Ibadah haji, maka tentulah menimbulkan daftar tunggu yang membludak dalam hal keberangkatan ke Tanah Suci dalam penyelenggaraan Haji.

Saya berharap para jamaah haji menjadi haji yang mabrur yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya serta memberikan manfaat bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Kotabaru.” Jamaah Haji dapat senantiasa menjaga kemabruran haji dengan mencontohkan perilaku yang sesuai dengan sunah Rasullah dalam kehidupan di masyarakat”, harap Irhami.

Senada yang disampaikan oleh Bupati Kotabaru H.Irhami Ridjani, Kepala Kemenag Kotabaru Drs.H.Salman Basri,MM dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan pasca haji ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antar jamaah haji, selain itu juga untuk melestarikan nilai-nilai kemabruran haji dalam memberikan contoh tauladan di mata masyarakat sebagai seorang yang telah berhaji dan mampu memberikan suri tauladan yang baik.

Mengenai semakin banyaknya minat masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji, yang menyebabkan antri keberangkatan yang cukup panjang, ini menjadi tugas Nasional dan menjadi tanggung jawab pemerintah terutama kementerian Agama di bawah koordinasi Menteri Agama.

“ Diharapkan kegiatan ini mampu untuk menjadi salah satu instrumen pemersatu dan silaturrahmi antar para haji dalam rangka secara bersama –sama menjaga kualitas haji peranannya di dalam masyarakat.” kata Salman.

Salman menambahkan pelestarian kemabruran haji sangat tergantung pada upaya pemeliharaan, pembinaan dan pelaksanaan amaliyah sehari-hari, sehingga memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.(Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s