Berikan Motivasi, Ka.Kemenag Pantau UN di Darul Ulum Kotabaru

Ft.Monev

Kotabaru-humas, Untuk memberikan motivasi dan memperkuat mental siswa madrasah Aliyah dalam menghadapi Ujian Nasional (UN), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Drs.H.Salman Basri,MM secara langsung melakukan peninjauan ke Madrasah Aliyah (MA) Darul Ulum Kotabaru, Senin, (13/04/15).

Seperti kita ketahui bersama dengan turunnya kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud ) Anies Baswedan, yang menjadikan Ujian Nasional (UN) bukan lagi standar kelulusan akhir siswa, namun UN dijadikan sebagai evaluasi belajar. “ Maka dengan kebijakan tersebut kelulusan siswa sepenuhnya di serahkan kepada lembaga kependidikan”, kata Salman.

Ditambahkannya sesuai dengan yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yakni kelulusan siswa tidak lagi ditentukan oleh hasil UN, sekolah diberi wewenang penuh untuk menentukan siswa lulus atau tidak.

Ujian nasional hanya menjadi rekomendasi dan referensi untuk siswa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan kriteria penilaian yakni 0 sd 55 kategori kurang, 56 s.d 75 kategori cukup, 76 s.d 85 kategori baik, 86 s.d 100 kategori amat baik.

Salman berharap, pelaksanaan UN dapat berjalan dengan suasana kondusif hingga tiga hari ke depannya dan siswa yang mengikuti UN dapat menjawab dengan benar. “ Semoga peserta UN di beri keberkahan dan kemudahan dalam menjawab soal ujian”, ucapnya.

Menurutnya tahun ini pelaksanaan UN yang berbeda pada tahun sebelumnya.Walaupun hasil UN bukan lagi penentu kelulusan siswa, diharapkan siswa tetap berusaha untuk memperoleh nilai yang maksimal dan memuaskan.

“ Peserta UN agar teliti dan memperhatikan lembar jawaban dengan baik dan benar sehingga tidak terjadi kesalahan ketika menyerahkan hasil ujian kepada pengawas ujian” Ingat Salman.

Salman menambahkan walaupun kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan standar kelulusan siswa di serahkan kepada madrasah, saya mengharapkan kepada madrasah agar dalam menentukan kelulusan siswa, tidak hanya melihat dari satu sisi saja melainkan juga dinilai perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran di madrasah tersebut.

Sementara itu Kepala Madrasah Aliyah Darul Ulum (MADU) Drs.Bakhtiar R yang turut mendampingi pada peninjauan tersebut menyampaikan bahwa jumlah siswa yang mengikuti ujian ini berjumlah 97 orang siswa. “ Selain diikuti oleh siswa Madu, ada lebih 40 siswa titipan yang mengikuti UN dari Madrasah Aliyah di bawah binaan Madrasah Aliyah Darul Ulum”, terang Bakhtiar.

Selain itu tambah Bakhtiar penerapan tata tertib ujian yang diberikan kepada para peserta dengan pengawas dari guru yang didatangkan dari sekolah lain menjadi sebuah transparansi mutu pendidikan saat ini. Ditambah dengan pengamanan dari pihak kepolisian resort Kotabaru yang mampu memberikan kondisi yang nyaman bagi para peserta UN. (Rep/ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s