Ka.Kemenag Kotabaru Ajak Orang Tua Siswa Untuk Tingkatkan Porsi Belajar

Ft.Ka.Kemenag UN

Kotabaru-humas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Drs.H.Salman Basri, MM mengajak guru dan orang tua siswa untuk lebih memberikan motivasi dan peningkatan porsi belajar bagi siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional tingkat SMA / sederajat yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 15 April mendatang, hal ini diungkapkannya saat menghadiri pembukaan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) Tingkat Kabupaten Kotabaru, Senin (06/04/15) bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kotabaru.

“ Tenaga pendidik dan Orang Tua agar lebih mengoptimalkan waktu kepada anak-anak didiknya untuk belajar dan mengurangi kegiatan-kegiatan yang bisa mengganggu konsentrasi siswa yang akan melaksanakan Ujian Nasional (UN)”, kata Salman.

Walaupun kita ketahui bersama bahwa Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan telah membuat terobosan terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN), dimana pelaksanaan UN tahun ini tidak lagi merupakan standar kelulusan, selain itu juga paket soal ujian hanya lima paket soal yang sebelumnya paket soal terdiri 20 paket.

“ Mulai tahun ini UN tidak berjalan tidak seperti sebelumnya, karena UN tidak lagi menjadi standar kelulusan, melainkan pihak madrasah/sekolah mempunyai peran yang besar dalam menentukan kelulusan” terang Salman.

Walaupun madrasah/sekolah mempunyai peran dalam penentuan kelulusan, tetapi madrasah/sekolah harus menentukan kelulusan berdasarkan keseluruhan mata pelajaran.

Dasar perhitungan penentuan kelulusan sudah diatur, dimana siswa mendapatkan nilai yang diperoleh selama di sekolah dan siswa juga wajib mengikuti UN, sehingga madrasah/sekolah mempertahankan mutu dan tidak akan meluluskan siswa yang tidak layak.

Salman menambahkan Ujian Nasional bertujuan sebagai alat ukur pemetaan penilaian pelaksanaan pendidikan secara nasional yang berdasarkan beberapa mata pelajaran.

“Walaupun penentuan kelulusan siswa tidak lagi berdasarkan nilai UN, namun diharapkan peran guru dan orang tua dalam memonitoring anak didiknya dalam mengikuti ujian nantinya” pesannya.

Untuk diketahui bersama sistem penilaian kelulusan sendiri terbagi dua sistem yakni 50 persen nilai UN dan 50 persen nilai UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) serta US (Ujian Sekolah).(Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s