Ka.Kemenag Kotabaru Hadiri Silaturrahmi MUI Kalsel Dengan MUI Kotabaru

Ft.Silaturrahmi MUI Kalsel

Kotabaru-humas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Drs.H.Salman Basri,MM mengatakan silaturahmi antara Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalsel dengan MUI Kabupaten Kotabaru beserta jajaran Pemerintah Daerah diharapkan akan membawa berkah bagi kemajuan Kabupaten Kotabaru. Pernyataan ini disampaikan Ka.Kemenag Kotabaru saat turut serta menghadiri silaturahmi MUI Kalsel dengan MUI Kabupaten Kotabaru di Operation Room, Kamis (19/03/15).

Salman menambahkan, hendaknya silaturahmi semacam ini tidak terputus sampai disini saja, tetapi jika ada sesuatu yang yang memerlukan keterlibatan MUI Kalsel dalam menyelesaikan suatu permasalahan kerukunan baik inter maupun antar umat beragama di Kabupaten Kotabaru.

Seperti kita ketahui bahwa fungsi Majelis Ulama Indonesia bertujuan untuk terwujudnya masyarakat yang berkualitas (khaira ummah), dan negara yang aman, damai, adil dan makmur rohaniah dan jasmaniah yang diridhai Allah Swt (baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur).

“ Maka MUI mempunyai peran dan fungsi untuk memberikan bimbingan dan tuntunan kepada umat, merumuskan kebijakan dakwah Islam, memberikan nasehat dan fatwa, merumuskan pola hubungan keumatan, dan menjadi penghubung antara ulama dan umara” pungkasnya.

Sementara itu, ketua rombongan MUI Kalsel KH.Husin Naparin, Lc,MA, mengatakan maksud silaturahmi selain untuk meningkatkan keakraban. “Kami mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan yang diberikan, sudah diterima dengan baik oleh Pemerintah Daerah serta MUI Kabupaten Kotabaru,” ucapnya.

Selain itu, tambah KH.Husin Naparin yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum MUI Kalsel bahwa kunjungan ini juga mensosialisasikan rekomendasi yang dihasilkan dalam Rakorda MUI Wilayah V se Kalimantan.

Sebelumnya dalam sambutannya Bupati Kotabaru H.Irhami Ridjani yang dibacakan Sekretaris Daerah Drs.H.Suriansyah mengatakan Majelis Ulama Indonesia sebagai wadah musyawarah para ulama, zu’ama dan cendekiawan muslim berusaha untuk memberikan bimbingan dan tuntunan kepada umat Islam dalam mewujudkan kehidupan beragama dan bermasyarakat.

Peran MUI dalam pembangunan merupakan penghubung antara pemerintah dengan ulama dan penterjemah timbal balik antara umat dan pemerintah guna mensukseskan pembangunan nasional.

Peran MUI untuk meningkatkan hubungan serta kerjasama antar organisasi, lembaga Islam dan cendekiawan muslimin dalam memberikan bimbingan dan tuntunan kepada masyarakat khususnya umat Islam dengan mengadakan konsultasi dan informasi secara timbal balik.

“ Mudah-mudahan pertemuan ini memberikan banyak manfaat dan berkah untuk masyarakat khususnya masyarakat Bumi Saijaan,” ujarnya.(Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s