Ka.Kemenag Kotabaru : Suatu Produk Selain Bersertifikat Halal Harus Mempunyai Izin Dari BPOM

Ft.Monitoring Produk Halal

Kotabaru-humas, Selasa (17/03/15) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru khususnya bidang penyelenggara syariah mendapat kunjungan kerja dari Penyelenggara Syariah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan.

Kunjungan Kerja sekaligus monitoring ini dipimpin langsung oleh Kasi Hisab Rukyat dan Kasi Produk Halal Kanwil Kemenag Kalsel ini serta diterima langsung oleh Kepala Kemenag Kotabaru Drs.H.Salman Basri,MM didampingi Penyelenggara Syariah DR.H.Ahmad Kamal, M.Ag di ruang kerjanya.

Kasi Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Kalsel Megariani dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiataan ini untuk memberikan pembinaan dan mengkoordinasiakan permasalahan-permasalah yang dihadapi daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsi.

“ Sebagai contoh apakah di daerah dalam melaksanakan rukyat hilal sudah mempunyai peralatan yang modern yang menunjang pelaksanaan rukyat hilal sendiri”, kata Mega.

Sementara itu Kasi Produk Halal Kanwil Kemenag Kalsel Mardiani mengatakan bahwa timnya untuk memonitoring sejauhmana pendataan produk halal yang sudah mendapatkan sertifikat halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang dilaksanakan oleh Kemenag Kotabaru.

Mardiani juga pada pertemuan tersebut menjelaskan tentang tata cara untuk mendapatkan pensertifikatan produk halal. “Produk-produk baik yang berbasis industri rumah tangga maupun berskala menengah yang belum memiliki sertifikat halal agar di data secepatnya dan dilaporkan ke Kanwil untuk dibantu dalam proses pensertifikatan produknya”, terangnya.

Penyelenggara Syariah Kemenag Kotabaru DR.H.Ahmad Kamal, M.Ag mengakui bahwa masih banyak home industri yang produknya belum tercatat di Kemenag Kotabaru, hal ini karena masih kurangnya koordinasi dan informasi yang dilakukan. “ Ke depan kami akan melakukan pendataan ulang dan berkoordinasi dengan instansi Pemerintah Daerah yang terkait untuk mensosialisasikan kepada pengusaha makanan khususnya berbasis home industri”, pungkasnya

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Drs.H.Salman Basri,MM menyambut baik kedatangan tim monitoring ke bumi Saijaan ini. Dengan kedatangan tim monitoring dari Kanwil Kemenag Kalsel ini koordinasi dan konsultasi dapat berjalan dengan baik, sehingga kekurangan dan kesalahan dalam menjalankan tugas dan fungsi dapat terselesaikan dengan baik.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada tim monitoring ini yang memberikan beberapa permasalahan yang perlu penyelesaian seperti pendataan pensertifikat produk halal dan pengadaan peralatan rukyat hilal. “ Maka dengan kunjungan kerja ini dapat mengetahui kesalahan-kesalahan sehingga dapat di perbaiki dan kesalahan tersebut agar tidak terjadi lagi kedepannya”, kata Salman.

“ Selain harus bersertifikat halal dari MUI, suatu produk juga harus mempunyai izin dari Balai Penelitian Obat dan Makanan (BPOM)” terang Mardiani (Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s