DMI Kotabaru Laksanakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Ft.Sosialisasi Penyelenggaraan Jenazah

Kotabaru-humas, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kotabaru kembali menggelar pelatihan penyelenggaraan jenazah, yang diikuti sebanyak 50 peserta warga Desa Pantai Baru Kecamatan Pulau Laut Tengah, Rabu (18/03/15) yang dipusatkan ruang Masjid ….

Panitia Pelaksana Darwis, S.Ag yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum DMI Kotabaru dalam laporannya menyampaikan pelatihan ini dimaksudkan untuk membina dan meningkatkan kemampuan  serta keterampilan para  penyelenggara jenazah yang ada dimasyarakat.

Hal ini untuk memberikan bekal pengetahuan dalam pemahaman penyelenggaraan jenazah yang benar dan sesuai dengan tuntunan agama Islam.

“Dengan adanya pelatihan tidak ada lagi perbedaan persepsi tentang penyelenggaraan jenazah, semoga pelatihan ini memberikan manfaat dan meningkatkan pengetahuan warga tentang tata cara mengurus jenazah mulai dari memandikan sampai menguburkan jenazah ke liang lahat”, ucapnya

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Kabupaten Kotabaru H.Mukhyar, S.Pd.I yang membuka secara resmi pelaksanaan kegiataan tersebut dalam sambutannya mengatakan menyambut baik kegiatan ini, karena sekarang ini sangat sulit sekali mencari seseorang warga untuk menjadi petugas penyelenggara jenazah di masyarakat.

“ Walaupun ada warga yang menjadi petugas penyelenggara jenazah itu pun warga yang sudah lanjut usia” kata Mukhyar.

Dengan pelatihan ini diharapkan adanya regenerasi masyarakat yang lebih dalam mengetahui dan mempelajari tata cara penyelenggara jenazah yang hukumnya fardhu kifayah, sehingga pelatihan ini sangat penting dilaksanakan.

“ Pemerintah daerah sendiri terus memberikan dukungan moral maupun finansial dalam segala kegiataan yang bernuasa keagamaan, yang sesuai dengan salah satu visi dan misi pembangunan di Kabupaten Kotabaru yang berlandaskan keagamaan” tambah Mukhyar.

Saya mengharapkan kepada seluruh peserta kegiatan ini dapat memahami betul tata cara penyelenggaraan Jenazah yang diberikan oleh narasumber. “ Harapan saya semua peserta setelah mengikuti pelatihan ini dapat mengaplikasikannya dimasyarakat dan mengetahui keutamaan betapa mulianya pekerjaan sebagai penyelenggaraan Jenazah” harapnya.

Ditempat terpisah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Drs.H.Salman Basri, MM dalam keterangannya mengatakan sangat mendukung dan memberikan penghargaan kepada pengurus DMI Kotabaru yang telah melaksanakan kegiatan penyelenggaraan jenazah ini.

Lebih lanjut Salman menambahkan bahwa petugas penyelenggara jenazah merupakan pekerjaan yang terhormat, bukan hanya di mata manusia, tapi juga di mata Allah SWT.

Sedangkan materi yang disampaikan oleh Ustadz Samaun sebagai narasumber diantarannya Penyelenggaraan jenajah menurut Alquran dan hadist dan praktek penyelenggaraan jenazah.(Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s