Kemenag Kotabaru Laksanakan Sosialisasi Pelaksanaan UN Tahun 2015

Ft.Sosialisasi UN

Kotabaru-humas, Dalam rangka mengoptimalkan kelancaran pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2014/2015, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru melaksanakan Sosialisasi UAMBN dan UN, yang diikuti sebanyak 25 peserta terdiri dari Pengawas Madrasah, Kepala MI, MTs dan MA negeri dan swasta, Rabu (04/03/15).

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag Kotabaru dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kotabaru Drs.H.Salman,MM, turut di hadiri sejumlah pejabat eselon IV serta pengawas madrasah dan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Dalam sambutannya Drs.H.Salman mengatakan bahwa berdasarkan kalender pendidikan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) madrasah/sekolah untuk jenjang SLTA dilaksanakan pada Bulan April dengan beberapa perubahan aturan pelaksanaan UN.

Salah satu diantaranya adalah bahwa kelulusan siswa tidak tergantung lagi dengan hasil UN melainkan kelulusan siswa dikembalikan kepada masing-masing satuan lembaga pendidikan.

“ Artinya ada perubahan yang cukup mendasar dibandingkan pada pelaksanaan UN tahun sebelumnya”, kata Salman

Sebelumnya dalam laporannya Ketua pelaksana Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Dra.Hj.Siti Fatimah menyampaikan bahwa sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka untuk menyamakan pandangan dan pemahaman tentang pelaksanaan UAMBN dan UN bagi seluruh kepala MI, MTs dan MA di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru tahun Pelajaran 2014/2015.

“ Dengan diadakannya sosialisasi ini agar pelaksanaan UAMBN dan UN dapat berjalan dengan tertib, aman, dan lancar,” kata Siti Fatimah.

Sosialisasi UAMBN dan UN yang menghadirkan Kasi Kurikulum dan Evaluasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Drs.Adenan sebagai narasumber mengatakan bahwa selain UN bukan penentu kelulusan, yang berbeda pada pelaksanaan UN kali ini juga mengenai jumlah paket soal. Tahun lalu jumlah paket soal sebanyak 20 paket, yang berarti dalam satu ruangan berisi 20 orang peserta mengerjakan soal yang berbeda satu sama lainnya. “ Tahun ini hanya ada lima paket soal”, terangya.

Sementara peran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada UN tahun ini hanya sebatas pemindaian dan pemantau saja, dibandingkan tahun terdahulu PTN berperan sebagai pengawas dan pemindaian lembar jawaban soal.

“ Aturan pelaksanaan UN tercantum dalam rancangan prosedur Operasional Standar (POS) UN 2015 yang akan ditetapkan oleh Pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)” terang Adenan. (Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s