Kemenag Kotabaru Kembali Gelar Majelis Taklim

Kotabaru-humas, Tugas imam merupakan tugas keagamaan yang mulia, yang telah diemban sendiri oleh Rasulullah SAW. Diantaranya sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Tiga golongan di atas unggukan misik pada hari kiamat,” kemudian beliau menyebutkan, diantara mereka, (ialah) seseorang yang menjadi imam untuk satu kaum sedangkan mereka (kaum tersebut) suka kepadanya.

Pada hadits yang lain disebutkan, bahwa dia memperoleh pahala seperti pahala orang-orang yang shalat di belakangnya Dapat dibayangkan, bagaimana ketika imam bertakbir, terlihat para makmun bertakbir sambil mengangkat tangannya secara serempak, ketika imam mengucapkan amin terdengar keserasian dalam mengikutinya. Tidak salah, jika ada yang mengatakan, bahwa persatuan dan kesatuan umat terlihat dari lurus dan rapat suatu shaf.

Hal ini disampaikan oleh KH.Mukhyar Darmawi, BA di hadapan puluhan karyawan-karyawati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Kamis (05/02/15) di Aula Kemenag pada acara majelis taklim yang digelar setiap Awal Bulan.

Lebih lanjut KH.Mukhyar Darmawi, BA yang juga purna tugas Kemenag Kotabaru ini menambahkan ada beberapa adab tentang seorang menjadi Imam diantaranya kefasihan dalam membawakan bacaan Al Quran.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Drs.H.Salman Basri, MM dalam keterangannya mengatakan tentang penting keberadaan Majelis Taklim, dalam hal pembinaan umat Islam tidak hanya bagi kaum wanita saja tapi juga untuk kaum laki-laki. “ Apalagi seorang PNS Kemenag harus menjadi orang terdepan dalam pemahaman keagamaan kepada masyarakat sekitar”, katanya.

“ Majelis Taklim memiliki fungsi yang sangat penting diantaranya adalah sebagai tempat pengajaran agama Islam secara luas, sebagai wahana untuk melakukan kaderisasi umat, untuk mengembangkan fungsi konseling, sebagai pusat pengembangan keterampilan atau skill jamaah, sebagai wadah silaturahmi dan rekreasi rohani dan juga sebagai tempat perkembangan budaya Islam”, tambahnya. (Rep:Lukman / Ft: dhani)Ft.MT Pertama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s