Sebanyak 56 Guru PAI dan Madrasah Berhak Mendapatkan Dana Sertifikasi

Ft.Penyerahan Sertifikasi

Kotabaru-humas, Sebanyak 56 orang guru PAI yang terdiri dari 51 guru yang bertugas di sekolah umum dan 5 guru yang bertugas di madrasah yang telah berhasil lulus mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Tahun 2014, telah dikukuhkan dan menerima sertifikat kelulusan PLPG oleh Ketua Lembaga Pendidikan Tenaga Guru (LPTK) IAIN Antasari rayon 211 Banjarmasin, Sabtu, (17/01/15) bertempat di Aula STIT Darul Ulum Kotabaru.

Selain 56 guru asal Kotabaru turut juga dilantik dan dikukuhkan sebanyak 55 guru asal Kabupaten Tanah Bumbu yang terdiri dari 50 Guru bertugas di Sekolah umum dan 5 guru yang bertugas di Madrasah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Drs.H.Salman Basri, MM yang diwakili oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Dra.H.Siti Fatimah mengatakan, sesuai dengan amanat UU No.20/2003 kewajiban  seorang guru profesional maka guru di jamin sudah punya SIM untuk melatih, membimbing, mengevaluasi, dan melakukan pendidikan. Guru yang mendapat sertifikasi ini disebut guru profesional. “ Guru yang  profesional adalah guru yang memiliki bakat, minat, panggilan  jiwa untuk mendorong melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab terhadap peserta didik, lembaga, perintah, pengetahuan terhadap Allah SWT”, katanya

Lebih lanjut Siti Fatimah menambahkan tugas utama seorang pendidik yang bersertifikat adalah  mendidik serta merubah tingkah laku dan budi pekerti sehingga tercipta insani yang berpendidikan.

Menurutnya, sebelum kita memperbaiki budi pekerti orang kita terlebih dahulu memperbaiki diri sendiri. Kewajiban kita membuat program, RPR silabus kisi-kisi membimbing guru agama bagi siswa-siswa mengevaluasi adalah bagian tugas guru agar memperbaiki sistem evaluasi terhadap siswa di madrasah.

“Tidak ketinggalan sebagai guru juga perlu penguasaan IT (komputer), tunjangan yang kita peroleh dapat disesuaikan untuk keperluan kemajuan dan peningkatan pengajaran,” pintanya.

Sementara itu Ketua PSG-LPTK IAIN Antasari Banjarmasin Drs.H.Mubin, M.Ag yang diwakili oleh Tim ahli PSG-LPTK IAIN Antasari Drs.Murdan, M.Ag dalam sambutannya mengatakan Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk intelektualitas dan karakter bangsa.

LPTK memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia yang memiliki daya saing dan berkarakter. Sumber daya manusia yang berkualitas dapat dibentuk melalui pendidikan karakter agar terbentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, toleran, bergotong royong berjiwa patriot, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dijiwai oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.

“ Pelaksanaan pendidikan karakter melalui beberapa pendekatan; perkembangan moral kognitif, analisis nilai, perilaku sosial, kognitif, afektif”, ungkapnya.

Langkah strategis dalam menerapkan pendidikan karakter dalam lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan dalam menyiapkan guru yang berkarakter adalah dengan menekankan pendidikan karakter yang tergambar dalam visi, misi yang disosialisasikan dalam tataran kerja lembaga dan stakeholders serta diintegrasikan dalam disiplin ilmu.

Murdan menambahkan penerapan tata nilai dan pembentukan kebiasaan sehingga nilai-nilai tersebut terinternalisasi dalam diri calon guru secara alamiah disertai ketauladanan pengajar dalam menguatkan proses penanaman pendidikan karakter itu sendiri.

“ Dengan dikukuhkan dan diserahkannya sertifikat sertifikasi ini, kalian sudah berhak untuk mendapatkan dana sertifikasi dari Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama”, terang Murdan.(Rep/Ft:Lukman).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s