Ka.Kemenag Kotabaru : Kemnas Memupuk Rasa Persaudaraan Sesama Santri

Ft.Pembukaan Kemnas

Kotabaru-humas, Bertempat di Pantai Gedambaan, Jumat (26/12/14) dilaksanakan pembukaan Kemah Nasional (Kemnas) Pramuka Santri Nusantara IV Tingkat Cabang Kabupaten Kotabaru yang dibuka secara resmi oleh Bupati Kotabaru yang diwakili oleh Kabag Kesra Setda Kotabaru H.Mukhyar, S.Pd.I, MM.

Dalam sambutannnya Bupati Kotabaru H.Irhami Ridjani yang disampaikan Kabag kesra Setda Kotabaru H.Mukhyar, S.Pd.I,MM mengatakan Pemerintah daerah sangat memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanan perkemahan pramuka santri ini, disertai harapan semoga kegiatan yang diikuti tersebut tidak hanya dimaknai sebagai ajang berkumpul semata akan tetapi hendaknya kesempatan ini dapat menjadi momentum dalam rangka meletakkan landasan yang fundamental bagi terwujudnya suatu kekuatan bangsa melalui nilai-nilai kebersamaan yang kita miliki.

Tidak itu juga bahwa saat ini santri sudah berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Santri tidak hanya dibekali dengan ilmu agama namun telah dibekali pula dengan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa meninggalkan ciri khas pondok pesantren. Termasuk juga dalam hal pembinaan dan penguatan patriotisme kebangsaan juga diberikan kepada santri, salah satunya melalui Pendidikan Kepramukaan.

“ Saya mengajak seluruh peserta menjadikan kemah santri ini sebagai ajang silaturahmi untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah serta untuk mematangkan emosi para peserta yang dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang dikemas dalam beberapa permainan yang mengandung pendidikan”, kata Mukhyar.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Drs.H.Salman Basri, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa Kementerian Agama mempunyai komitmen untuk mengembangkan nilai-nilai kepramukaan pada seluruh lembaga pendidikan yang menjadi binaannya. Ini dibuktikan dengan berdirinya gugus depan-gugus depan di madrasah maupun Pondok Pesantren Salafiyah.

“ Melalui kegiatan ini diharapkan para santri kelak memiliki karakter bangsa yang kuat, mampu memahami dam menghayati Trisatya dan Dasa Dharma serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak khususnya para santri”, kata Salman.

Salman menambahkan Kegiatan Perkemahan Pramuka Santri sesungguhnya memiliki arti penting karena di dalamnya terkandung makna untuk melestarikan semangat persaudaraan dan rasa kebersamaan antar sesama santri, oleh karena itu, sebagai penentu masa depan bangsa, santri dituntut harus memiliki wawasan dan visi yang jelas dalam upaya mengoptimalkan perannya selaku khalifah dalam memajukan pembangunan bangsa dan memperbaiki mutu kehidupan masyarakat.

Direncanakan kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 25 – 27 Desember 2014, dengan melombakan beberapa pertandingan seperti senam santri, cerdas cermat, sandi morse dan kegiataan kepramukaan lainnya.(Rep/Ft:Lukman).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s