Ka.Kemenag Kotabaru : Harnus Jadikan Kotabaru Pusat Pengembangan Maritim Nasional

Ft.Harnus

Kotabaru-humas, Puncak peringatan Hari Nusantara Tingkat Nasional 2014 yang di gelar di Kabupaten Kotabaru, Senin (15/12/14) bertempat di Siring Laut yang di hadiri langsung oleh Presiden H.Ir.Joko Widodo beserta ibu Negara Iriana Widodo.

Dengan memakai pakaian kebesaran kemeja putih panjang dengan sedikit gulungan tangan, Presiden RI ke tujuh ini disambut sangat antusias oleh warga saijaan yang sejak pagi telah memadati lapangan siring laut maupun jalan protokol yang dilewati oleh rombongan presiden. Tidak sedikit warga yang berebutan untuk sekedar berjabat tangan dengan presiden Joko Widodo.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru yang turut berhadir bersama KaKawil Kemenag Prov.Kalsel Drs.H.M.Thambrin, M.Pd pada acara puncak dicetuskannya Deklarasi Juanda tersebut.

Mengutip sambutan Presiden RI yang ketujuh ini bahwa budaya maritim harus dikembangkan, yakni sebagai negara kepulauan terbesar dengan kejayaan lautnya seperti pada zaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang telah diakui dunia pada zamannya dengan kekuatan kelautannya.

Hari Nusantara merupakan bentuk penghormatan kedaulatan bangsa kita sebagai bangsa maritim, maka untuk sebagai bentuk komitmen kita bahwa laut dapat memberikan sumbangsih dalam mensejahterakan rakyat sehingga kita wajib menegakkan kedaulatan di atas perairan wilayah Indonesia.

“ Maka melalui peringatan Hari Nusantara ini sudah sepatutnya potensi maritim perlu dikelola dengan baik agar dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat”, kata Salman

“Kehadiran Presiden RI sendiri di Bumi Saijaan memiliki arti penting bagi masyarakat Kotabaru khususnya para nelayan, mengingat salah satu visi beliau akan membangun potensi kelautan atau kemaritiman sehingga mampu menggelorakan kembali kejayaan bangsa Indonesia”,tambah Salman.

Sudah sepatutnya Kabupaten Kotabaru dijadikan sebagai pusat pengembangan maritim nasional, karena Kabupaten Kotabaru persis terletak di tengah-tengah negara kesatuan Republik Indonesia, yang berdekatan dengan Selat Makassar yang termasuk dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (AKLI) II menjadikannya sangat strategis dalam pengembangan kelautan.

“Semoga peringatan Hari Nusantara ke-14 Tahun 2014 tidak sekedar seremonial saja, tetapi berdampak bagi kemajuan kelautan negara kita dan Kabupaten Kotabaru khususnya, sehingga memberikan manfaat bagi kita semua”, ucapnya.

Pesta tahunan para nelayan tersebut dimeriahkan dengan beberapa kegiatan seperti parade kapal nelayan, parade kapal perang RI, terjun payung tentara RI AU, serta tarian kolosal oleh siswa siswi sekolah menengah atas yang mampu menghipnotis presiden RI beserta tamu lainnya. (Rep: Lukman Ft: Raju)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s