Peraturan Dirjen Bimas Islam No.748 Tahun 2014 Di Sosialisasikan

Ft.Sosialisasi PNBP

Kotabaru-humas, Dalam rangka memberikan pemahaman tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) atas biaya pernikahan, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan melalui Bidang Urais dan Binsyar melaksanakan kegiatan sosialisasi Peraturan Menteri Agama (PMA) No 46 tahun 2014 dan Peraturan Dirjen Bimas Islam No. 748 tahun 2014 bagi para Kepala KUA Se Kabupaten Kotabaru, Selasa (09/12/14) di Aula Kemenag Kotabaru.

Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag prov. Kalsel, H. Ahmad Sawiti, S.Ag,M.HI, dalam sambutannya mengatakan tujuan dari sosialisasi ini untuk meningkatkan pemahaman para Kepala KUA terhadap Peraturan Menteri Agama Nomor 46 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Negara Bukan Pajak Atas Biaya Nikah atau Rujuk Di Luar Kantor Urusan Agama Kecamatan dan Peraturan Direktur Jenderal Bimas Islam Nomor Dj.Ii/748 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak Atas Biaya Nikah Atau Rujuk Di Luar Kantor Urusan Agama Kecamatan.

Lebih lanjut Sawiti menjelaskan dalam PMA Nomor 46 Tahun 2014 antara lain berisi Tentang Tipologi KUA berdasarkan jumlah nikah atau rujuk dan kondisi geografis suatu daerah Kepala KUA dalam pelaksanaan pernikahan.

“ Untuk syarat pencairan timbal balik biaya nikah dijelaskan lebih terperinci dalam Peraturan Dirjen Bimas Islam Nomor Dj.Ii/748 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak Atas Biaya Nikah atau Rujuk Di Luar Kantor Urusan Agama kecamatan”, terang Sawiti.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Drs.H.Salman Basri, MM dalam keterangannya mengatakan kegiatan sosialiasi  PMA Nomor 46 Tahun 2014 dan Peraturan Dirjen Bimas Islam Nomor Dj.Ii/748 Tahun 2014 adalah suatu hal yang sangat positif, yang mana kegiatan tersebut merupakan suatu bagian dari pembinaan dan motivasi bagi Kepala KUA dalam pelaksanaan program kerjanya sehingga menciptakan tata kelola yang baik dan tertib administrasi sehingga akan tercipta pelayanan yang prima kepada masyarakat khususnya dalam pencatatan pernikahan.

Salman juga berharap dengan di laksanakannya kegiatan sosialisasi ini agar Kepala KUA dan jajarannya terus meningkatkan kinerjanya secara profesional sebagai upaya dan kerja keras dalam meraih prestasi kerja yang lebih tinggi.

“Pemahaman dan penguasaan yang baik terhadap Peraturan Menteri Agama Nomor 46 Tahun 2014 oleh para Kepala KUA, maka setiap Kepala KUA dapat mengimplementasikannya dilapangan dengan baik dan benar”, harap Salman.(Rep:Lukman / Ft:Dhani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s