Ka.Kemenag Kotabaru Hadiri Peringatan Hari Aksara Internasional

Ft.HAI

Kotabaru-humas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H.Ahmad Sawiti, S.Ag, M.HI turut menghadiri pelaksanaan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-49, beberapa waktu yang lalu, yang pelaksanaannya di pusatkan di Kabupaten Kotabaru, tepatnya di Gedung Pemuda.

Turut berhadir pada pelaksanaan hari aksara tersebut diantaranya Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H.Rudy Resnawan, Wabup Kotabaru H.Rudy Suryana, Kadisdikbud Prov.Kalsel Ngadimun, Kadisdikbud Kotabaru Joni Anwar dan para pejabat Dinas Pendidikan dan Budaya se Kalimantan Selatan.

Dalam keterangannya Ka.Kemenag Kotabaru H.Ahmad Sawiti mengatakan bahwa pemberantasan buta aksara merupakan gerakan nasional untuk menanggulangi ketertinggalan masyarakat dalam dibidang pendidikan.

Sebagai suatu gerakan, dalam pelaksanaannya harus ada semangat kebersamaan untuk maju dengan menumbuhkembangkan dan memberikan kesempatan berpartisipasi yang seluas-luasnya dalam pembangunan terutama kepada masyarakat yang buta aksara. “ Keberaksaraan yang rendah merupakan penghambat untuk mengakses informasi, pengetahuan, keterampilan sehingga kurang terlatih beradaptasi dan mengatasi berbagai masalah termasuk masalah ekonomi, sosial dan budaya”, kata Sawiti.

Kementerian Agama, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam turut serta memerangi pemberantasan buta aksara dengan memberikan pendidikan umum maupun agama kepada masyarakat.

“ Salah satu hal untuk memacu percepatan pemberantasan buta aksara, secara aktif Kemenag turut berperan serta dalam memberantas buta aksara dengan berbagai kegiatan untuk memotivasi dan membangkitkan semangat belajar serta meningkatkan motivasi dan semangat masyarakat dalam menimba ilmu baik di madrasah maupun di pondok pesantren yang berbasis modern”, tambah Sawiti.

Sementara itu Wakil Bupati Kotabaru, H.Rudy Suryana mengucapkan selamat datang di Bumi Saijaan kepada seluruh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota Se Kalimantan Selatan, yang tahun ini peringatan hari aksara di pusatkan di Kabupaten Kotabaru.

H.Rudy Suryana menyampaikan, peringatan HAI ini merupakan motivasi kita dalam memberantas buta aksara di Kalimantan Selatan, juga merupakan gerakan nasional untuk menanggulangi ketertinggalan masyarakat dalam mengecap dunia pendidikan.

Selain itu tambah Wabup tujuan dari pelaksanaan HAI ini untuk meningkatkan implementasi program pemberantasan buta aksara serta meningkatkan minat dan partisipasi warga masyarakat akan pentingnya pendidikan keaksaraan serta meningkatkan keberdayaan warga masyarakat melalui peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dan berusaha secara mandiri.

Saya berharap peringatan HAI ini mampu memotivasi semua pihak dalam menyukseskan gerakan nasional percepatan pemberantasan buta aksara dan meningkatnya citra dan akuntabilitas program pendidikan keaksaraan dalam rangka peningkatan keberaksaraan penduduk.

Tema kegiatan Hari Aksara Internasional ke-49 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2014, yakniAksara membangun Keadaban dan Keunggulan Pembangunan Berkelanjutan ”. (Rep: Lukman / Ft: Dhani )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s