H.Ahmad Sawiti : MTQ Momen Untuk Meningkatkan Penghayatan Pada Al-Qur’an

Ft.Pembukaan MTQ

Kotabaru-humas, Kaum muslimin meyakini bahwa al qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan yang tak habis-habisnya untuk digali dan dikaji. untuk itu kajian-kajian al qur’an perlu digiatkan dilingkungan masyarakat kita, menuju pada pemahaman yang utuh dan benar serta memerlukan bimbingan dari para ulama yang berkompeten dibidangnya, hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H.Ahmad Sawiti, S.Ag, M.HI saat memberikan sambutan pembukaan MTQ Nasional Ke-46 Tingkat Kabupaten Kotabaru di Kecamatan Sei Durian, beberapa waktu yang lalu.

Signifikan nilai-nilai al qur’an sebagai pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuh-kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun informal, dan yang terpenting adalah keteladanan para orang tua terhadap anak-anaknya, keteladanan guru di sekolah, dan keteladanan para pemimpin yang memberi pengaruh terhadap masyarakat baik melalui kebijakan-kebijakan yang dibuatnya maupun perilaku kepemimpinan yang seringkali menjadi tolak ukur moral masyarakat.

Penyelenggaraan musabaqah tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar islam, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau out come kegiatan pembelajaran al qur’an yang berlangsung di masyarakat, melalui tpa/tpsa yang tersebar di Kabupaten Kotabaru

“ Untuk itu marilah kita mencermati kenyataan sehari-hari, apakah kita sebagai muslim telah mengamalkan al qur’an dalam kehidupan sehari-hari”, ajak Sawiti.

Sawiti menambahkan bahwa kegiatan musabaqah hendaknya dihindarkan dari sifat rutinitas dan seremonial yang kehilangan makna dan ruh-nya. Untuk itu mari kita jadikan setiap penyelenggaraan mtq sebagai momen untuk mendorong meningkatkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan al qur’an pada kehidupan sehari-hari.

Bupati Kotabaru H.Irhami Ridjani yang membuka secara resmi penyelenggaraan MTQ dengan bersama-sama Ketua DPRD Kotabaru, Kepala Kemenag Kotabaru, Ketua LPTQ menekan tombol serine. Hadir pula pada acara tersebut seluruh camat dan Kepala KUA Kabupaten Kotabaru serta beberapa anggota DPRD yang terpilih dan tokoh agama.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Kotabaru H.Irhami Ridjani mengatakan bahwa dengan pelaksanaan MTQ ini kita terus melestarikan ayat-ayat suci Al-Qur’an di Bumi Saijaan. “ Mari kita ciptakan kecintaan pada baca tulis Al-Qur’an sejak usia dini serta berpedoman dengan teguh akan ayat-ayat suci Al-Qur’an”, ajak Irhami.

Sebelumnya, Ketua Umum LPTQ Kotabaru Ir.H.Hasbi M.Tawab, SH,MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ di Kotabaru lebih awal dilaksanakan ketimbang dengan Kabupaten lainnya, hal ini dilakukan untuk memberikan kelonggaraan waktu dalam hal pembinaan kepada para pemenang.

“ Pelaksanaan MTQ lebih awal ini sudah menghasilkan prestasi pada MTQ di Kabupaten Tanah Laut dengan meraih beberapa kejuaraan, hal ini juga menjadi percontohan bagi LPTQ Provinsi dalam hal pembinaan dan peningkatan prestasi di tingkat nasional”, ungkap Hasbi. (Rep/Ft;Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s