PHBI Kotabaru Gelar Rakor Sambut Tahun Baru Hijriah

Kotabaru-humas, Dalam menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 H, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kotabaru menggelar rapat persiapan pelaksanaan pawai ta’aruf menyambut Tahun Baru 1436 Hijriah, Rabu (15/10/14) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru.

Rakor yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum PHBI Kotabaru Drs.H.M.Imram, MM ini dihadiri oleh seluruh ketua bidang dan beberapa instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Satlantas Kotabaru.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H.Ahmad Sawiti S,Ag,M.HI mengatakan 1 muharam bulan hijriah merupakan tahun permulaan umat Islam, maka sepatutnya kita merayakan pergantian tahun Hijriah tersebut dengan meriah. “Apalagi belakangan ini generasi muda masih ada sebagian yang tidak tahu makna dari tahun hijriah, karena sebagian mereka hanya mengenal tahun barunya pada tanggal 1 Januari tahun Masehi”, kata Sawiti.
“Maka itu kita sebagai ummat Islam harus merayakan tahun baru pada tanggal 1 Muharram, dengan berbagai kegiatan salah satunya dengan melaksanakan pawai Ta’aruf yang digagas oleh PHBI Kotabaru”, ujar Sawiti.

Selain itu banyak cara untuk merayakan tahun baru Hijriah membaca kitab suci Al Qur’an atau tadarusan, mengikuti ceramah dan berdoa atau berdzikir, serangkaian kegiatan bernuansa islami akan membangkitkan kembali ajaran agama Islam di bumi Saijaan,” ungkap H.Sawiti.

Hasil rakor tersebut diantaranya bahwa pelaksanaan pawai ta’aruf dilaksanakan tepat pada 1 muharam yaitu jatuh pada tanggal 25 November Bulan depan, sedangkan rute perjalanan star dimulai di depan SMPN 1 Kotabaru terus ke Jalan M.Alwi, Jl.Veteran, Jalan Pangeran Hidayat, Jalan Singabana, Jalan Sisingamangaraja dan Finish depan Masjid Agung Husnul Khatimah. Sedangkan peserta terdiri dari pelajar mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan umum.

Dalam keterangannya ketua PHBI Kotabaru Drs.H.M.Imran,MM yang juga menjabat sebagai Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kemenag Kotabaru mengatakan bahwa rute pawai ta’aruf berbeda pada tahun sebelumnya, dikarenakan adanya perbaikan jalan untuk menghadapi hari Nusantara. “ Berhubungan rute yang biasa di lalui mengalami perbaikan, maka rute pawai kali ini dialihkan”, terang Imran.(Rep:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s