SIMKAH MODERNISASI PENCATATAN NIKAH BERBASIS IT

simkah3

SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Pernikahan)

Sudah saatnya Pengelolaan administrasi perkantoran pada Kantor Urusan Agama atau sering disingkat kantor KUA beralih dari model administrasi perkantoran konvensional ke era digital. Sebab seiring dengan semakin canggih dan berkembangnya teknologi maka KUA dituntut harus bisa memberikan pelayanan yang prima, efektif dan efisien.

Saat ini Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, mencoba mewujudkan tuntutan jaman ini dengan melahirkan aplikasi pengelolaan nikah pada KUA yang disebut SIMKAH. Pengelolaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pernikahan yang sudah diterapkan oleh Ditjen Bimas Islam semakin banyak berperan dalam mewujudkan system perkantoran yang lebih dinamis dan modern di KUA.

Dalam perkembangannya aplikasi SIMKAH banyak mendapatkan respon beragam dari berbagai pihak. Beberapa di antaranya ada yang menanggapi positif baik dari operator SIMKAH pada KUA (internal) maupun masyarakat umum (External). Respon yang membangun ini sangat dibutuhkan oleh pengelola SIMKAH karena pada akhirnya menjadi bahan evaluasi kebijakan pengembangan sistem informasi nikah (SIMKAH) kedepan . Sehingga diharapkan adanya peningkatan anggaran dana untuk pengadaan peralatan penunjang SIMKAH bagi seluruh KUA di Indonesia, yang harganya cukup mahal, utamanya untuk membeli printer khusus Epson PLQ 20 pencetak buku nikah yang cukup mahal, harganya sekitar 7, 8 jutaan.

Lalu, apa sih fungsi dan kelebihan SIMKAH?

Fungsi dan manfaat dari Simkah di antaranya:

Membangun Sistem Informasi Manajemen Penikahan dicatat di KUA-KUA;

1.Membangun infrastruktur database dengan memanfaatkan teknologi yang dapat mengakomodasi kebutuhan manajemen dan eksekutif;

Versi terakhir aplikasi SIMKAH mempunyai kemampuan dapat terintegrasi ke server induk baduk capil, dengan demikian dengan SIMKAH kita bisa mengecek kebenaran data calon pengantin baik mengenai nama, status, pekerjaan, alamat, dll. Yang ada di Baduk Capil.

2.Membangun infrastruktur jaringan yang terintegrasi antara KUA ditingkat daerah sampai Kantor Pusat; Kita bisa bertukar informasi antar KUA yang sudah online data SIMKAHNYA dan SIMKAH BIMAS ISLAM Pusat, baik mengenai data Akta Nikah, Buku Nikah dll, saat Kami menulis postingan ini, baru KUA Pamukan Selatan Kemenag Kabupaten Kotabaru Propinsi Kalimantan Selatan yang SIMKAH nya terdaftar di Server SIMKAH Bimas Islam Pusat , semoga yang lain bisa menyusul.

3.Penyajian data yang cepat dan akurat serta mempermudah pelayanan, pengendalian dan pengawasan; bayangkan saja kalo selama ini PPN menyalin data pengantin dengan cara menulis data tersebut ke blanko pendaftaran nikah, lalu ditulis lagi ke blanko NB atau blanko pemeriksaan nikah selanjutnya lagi ditulis ke Akta Nikah betapa repotnya pekerjaan PPN, dengan SIMKAH semua pekerjaan menjadi mudah, cukup dengan menginput/entry data pengantin di icon Pendaftaran Nikah maka seluruh data tentang pemeriksaan nikah (model NB), Akta Nikah (model N) dan buku nikah langsung terisi secara otomatis dan yang lebih menggembirakan model NB, model N dan buku nikah bisa kita cetak sehingga pekerjaan kita menjadi lebih cepat, mudah, efektif dan efisien.

4.Pelayanan bagi publik untuk mendapatkan informasi yang lengkap, cepat dan akurat. Seluruh data pengantin tersimpan di computer sehingga suatu saat kalau ada masyarakat yang membutuhkan informasi kita cukup membuka data yang tersimpan dikomputer, mudahkan

 

Untuk melengkapi fungsinya, SIMKAH disertai dengan fitur aplikasi, yaitu:

1.Data Master (Meliputi tempat KUA, Petugas (Penghulu dan P3N) juga ID dan Password)

2.Rekap (Meliputi data berupa jumlah bilangan peristiwa pernikahan pertahun. disini juga bisa melihat rekap peristiwa pernikahan KUA-KUA seluruh Indonesia)

3.Grafik (Meliputi Gambaran Grafik pertahun peristiwa pernikahan)

4.Detail (Meliputi daptar penikahan mulai dari No. register, nama catin laki-laki, catin perempuan, tanggal pernikahan dan tempat pelaksanaan)

5.Entry Data (Meliputi pengisian berkas-berkas peristiwa pernikahan baik dari Model N1 s.d N7, model NB atau Akta Cerai) Dengan adanya SIMKAH ini diharapkan akan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pernikahan dan mempermudah pemerintah memantau peristiwa pernikahan. Diharapkan tidak ada lagi manipulasi data diri yang biasa dilakukan untuk melangsungkan pernikahan kedua dan seterusnya, sehingga lembaga perkawinan sebagai gerbang awal pembangunan bangsa bisa tejaga dengan baik.

Harapan Kami semoga SIMKAH bisa segera terealisir di Seluruh KUA Kecamatan di wilayah Kabupaten Kotabaru untuk itu dibutuhkan dukungan semua pihak khususnya dari Kemenag Kabupaten Kotabaru agar bisa melakukan pengadaan alat penunjang SIMKAH untuk setiap KUA kecamatan d wilayah Kabupaten Kotabaru ,kalo memang tidak bisa seluruhnya Kami berharap diadakan pengadaan secara bertahap supaya kita tidak tertinggal dengan teman-teman di Kabupaten lain yang sudah maju SIMKAHnya. Demikian semoga bermanfaat amin.

 

  • Penulis adalah Kepala KUA Kecamatan Pamukan Selatan Kab. Kotabaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s