Tempuh Perjalanan 16 Jam, CJH Kotabaru Tiba di Asrama Haji

Ft.Jamaah Tiba Asrama

Banjarmasin-humas, Kabupaten Kotabaru yang terletak di ujung tenggara, yang merupakan kabupaten yang terjauh letaknya diantara kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan, setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan dengan memakan waktu hampir 16 jam, akhirnya tepat pukul 16.00 wita (Rabu, 24/09) calhaj Kabupaten Kotabaru tiba di asrama haji embarkasi Banjarmasin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, H.Ahmad Sawiti, S.Ag,M.HI yang turut mendampingi selama dalam perjalanan mengatakan setelah dilepas oleh Bupati Kotabaru H.Irhami Ridjani di Masjid Agung Husnul Khatimah, rombongan bergerak menuju fery tanjung serdang, tepat pukul 03.00 wita (Rabu,24/09) rombongan sampai di Masjid Al-Kausar Desa Sekapuk Kecamatan Satui (Sungai Danau) Kabupaten Tanah Bumbu. Di masjid kepunyaan Habih Saleh ini calhaj dan rombongan beristirahat cukup lama sekitar 4 jam, dengan aktivitas shalat subuh dan makan pagi.

“ Selanjutnya rombongan CJH Kotabaru kembali beristirahat di Masjid Al-Manar Kota Pelaihari untuk melaksanakan shalat zhuhur dan makan siang, tepat pukul 14.00 melanjutkan perjalanan ke Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, hingga tepat pukul 16.00 seluruh rombongan haji Kabupaten Kotabaru tiba di Asrama Haji”, terang Sawiti.

Karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan calhaj saat tiba di asrama haji juga akan melaksanakan beberapa tahapan seperti cek kesehatan lanjutan, penyerahan paspor, gelang, living cost serta pembagian Dokumen Perjalanan Ibadah Haji (Dapih), maka perlu kesabaran dan stamina yang fit seluruh jamaah haji. “ Selama di Asrama haji ini tanggung jawab penuh diserahkan panitia daerah kepada panitia provinsi dalam pelayanan kepada jamaah”, kata Sawiti

Selama berada dalam Asrama Haji Banjarbaru Embarkasi Banjarmasin mulai pukul 17.00 Rabu (24/09) Sore, seluruh jamaah haji kloter 09 diadakan prosesi penerimaan jamaah oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, sekaligus dilakukan serangkaian pemeriksaan dokumen perjalanan dan kesehatan. Seperti Surat Pengantar Masuk Asrama (SPMA), bukti lunas BPIH dan Buku kesehatan. Selesai pemeriksaan ini, jamaah dipersilakan memasuki kamar pemondokan sesuai petunjuk panitia untuk beristirahat.

Pagi hari seluruh jamaah haji kloter 09 mengikuti manasik haji yang sebelumnya shalat subuh berjamaah dan tausyiah agama, setelah makan pagi sekitar pukul 09.00 wita seluruh jamaah di kumpulkan di Aula Jeddah untuk menerima menerima pembagian Dokumen Administrasi Perjalanan Ibadah Haji (DAPIH), boarding pass dan ID Card kedatangan dari Imigrasi Arab Saudi, pemasangan stiker Garuda, penyerahan paspor serta uang living cost sebesar 1.500 real atau sekitar 3.750.000,- untuk keperluan belanja selama di Tanah Suci hingga siangnya dikumpulkan lagi untuk keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah.

Inilah kelebihan dan keunikan calhaj Kabupaten Kotabaru selama perjalanan menuju asrama haji embarkasi Banjarmasin yang penuh perjuangan dan persiapan fisik yang beda dengan jamaah asal Kabupaten lainnya, walaupun tampak lelah diwajah mereka tapi para tamu Allah tetap dengan senyum dan semangat yang tinggi untuk dapat menunaikan ibadah Haji.(Rep/Ft:Lukman).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s