Pengurus FKUB Kotabaru dan Humas Kemenag Ikuti Rakorda FKUB Se-Kalsel

Ft.FKUB Rakorda

Kotabaru-humas, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kotabaru H.Muchtasar, S.Ag beserta Sekretaris Kaspul Anwar dan wakil sekretaris Drs.I Made Pasek dan satu dari pelaksana Humas Kemenag Kotabaru Lukman menghadiri acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten/Kota se-Kal-sel yang secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan, Rabu (17/09) Siang, bertempat di Meeting Room Hotel Sign Global Banjarmasin.

Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan dalam sambutannya mengatakan, melalui Rakorda FKUB ini, diharapkan dapat menjadi momentum bagi tokoh agama dan pemerintah daerah untuk menjaga suasana yang kondusif di daerah kita.

Maka dari itu, kata dia, peran FKUB dalam menciptakan suasana kondusif, apalagi dengan adanya isu tentang keberadaan Islamic State Of Iraq and Syria (ISIS) dapat diwujudkan dengan berbagai macam cara memberikan seruan dan ajakan kepada masyarakat demi terselenggaranya suasana kondusif ini.. “Hindari tindakan yang dapat menimbulkan gangguan ketentraman dan ketertiban umum, konflik sabarosial yang dapat menggangu kerukunan hidup umat beragama,” harapnya.

Lebih lanjut Rudy Resnawan menerangkan bahwa secara umum kondisi keamanan di Kalsel termasuk yang terbaik, maka itu peran dan strategis FKUB dalam memelihara kerukunan. “ Peran FKUB terus dijaga keberadaannya yang betul –betul dirasakan oleh masyarakat, sehingga keharmonisan antar pemeluk agama terjaga dengan baik”, terang Rudy.

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi Kalimantan Selatan Drs.H.M.Fadhly Mansoer dalam sambutannya mengatakan tema yang diangkat adalah Memantapkan Peran dan Tugas FKUB Dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama.

Mansoer juga mengungkapkan masyarakat belum sepenuhnya mengetahui dan memahami peraturan bersama Menteri Agama dan Mendagri nomor 9 dan 8 Tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan tugas kepada daerah/wakil kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan FKUB dan pendirian rumah ibadah.

Adapun materi yang disampaikan diantaranya Optimalisasi Peran FKUB dan KUB Dalam Memelihara Kerukunan di Kalsel oleh KaKanwil Kemenag Prov.Kalsel Drs.H.M.Thambrin, M.M.Pd, Memetakan Gerakan Liberalisme dan Radikal Agama oleh Ketua FKUB DKI Jakarta Dr.KH.Ahmad Syafi’i Mufid, Sinkronisasi Pengelolaan Anggaran Dalam Melaksanakan Visi Misi FKUB oleh Kepala Badan Kesbangpol Prov.Kalsel Ir.Hermansyah, M.SI dan Refleksi Kinerja FKUB Tahun 2013/14 oleh Ketua FKUB Prov.Kalsel, Drs.H.M.Fadhly Mansoer. (Ref/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s