Ka.Kemenag Kotabaru : Karu Karom Merupakan Ujung Tombak Ritual Haji

Ft.Karu-Karom

Kotabaru-humas, Sebanyak 20 Orang yang terdiri dari 4 orang Ketua Rombongan (Karom) dan 16 Ketua Regu (Karu) Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Kotabaru diberikan bimbingan dan pelatihan yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Kamis (11/09/14) bertempat di Aula Kemenag Kotabaru, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, H.Ahmad Sawiti, S.Ag,M.HI

Dalam sambutannya Ka.Kemenag Kotabaru H.A.Sawiti mengucapkan terima kasih atas kesediaan dari beberapa calhaj yang ditunjuk sebagai karom dan karu yang merupakan niat suci dan tulus untuk melayani calhaj dalam menunaikan ibadah haji, selain untuk diri sendiri dalam menjalankan perjalanan ibadah haji.” Karu dan karom merupakan orang terdekat dengan jamaah, maka karu dan karom adalah ujung tombak dalam melayani jamaah”, kata Sawiti.

Sawiti menambahkan karu dan karom memiliki peran dan strategis yang sangat mendukung dalam melaksanakan segala ritual pelaksanaan ibadah haji selama di Tanah Suci, maka bimbingan dan pembinaan ini sangat perlu dilaksanakan sebelum keberangkatan.

Tugas utama seorang karom dan karu adalah membimbing serta menjaga jamaah haji supaya kualitas ibadah hajinya terjaga.” Salah satunya adalah membimbing calon jamaah haji untuk selalu membaca Talbiyah selama dalam perjalanan haji serta mengingatkan jamaah haji untuk selalu berniat haji dengan baik dan benar karena Allah”, terang Sawiti.

Karu dan Karom bertugas untuk membantu pelaksanaan tugas ketua kloter dan Tim Pemandu Haji Indonesi (TPHI), serta Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang menyertai calon jemaah haji (CJH) di bidang pelayanan umum, ibadah haji dan kesehatan yang akan dilaksanakan di Tanah Suci. “ Saya berharap agar Karu dan Karom dapat bekerjasama dengan Ketua Kloter serta petugas haji selama ditanah suci”, kata Sawiti.

Senada yang disampaikan oleh Kemenag Kotabaru, Kasi penyelenggara haji dan umrah Kemenag Kotabaru Drs.H.Syahruji dalam laporannya mengatakan kegiatan pembinaan dan pemantapan ini untuk memberikan bekal ilmu dan wawasan bagi para karu dan karom dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mendampingan calhaj baik semasa pemberangkatan maupun pemulangan.

“ Diharapkan setelah mereka memperoleh gambaran dan penjelasan dari para nara sumber, mereka dapat bertugas dan bertanggung jawab atas masing-masing anggotanya selama menjalankan pelaksanaan ibadah haji”, pungkasnya.

Sekedar informasi, calon jamaah haji yang berasal dari Kabupaten Kotabaru tahun 1435 H / 2014 M berjumlah 173 orang, yang terdiri dari 4 orang Karom, 16 Karu, 1 orang TPHD, 1 orang TKHD dan 1 orang TPHI. (Rep:Lukman/Ft:Dhani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s