Ka.Kemenag Kotabaru Hadiri Peringatan HUT Koperasi

Ft.HUT Koperasi

Kotabaru-humas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H.Ahmad Sawiti, S.Ag,M.HI turut menghadiri acara pelaksanaan memperingati Hari Koperasi Nasional ke-67 Tahun 2014, Kamis (28/08/14) bertempat di Halaman Gedung Serba Guna Bina Tani Mandiri Desa Sengayam Kecamatan Pamukan Barat.

Kepala Dinas Perdagangan, Industri, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Drs.H.Zainal Arifin, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan HUT Koperasi ini seyogyanya dilaksanakan pada Juli lalu, namun karena bertepatan dengan bulan Ramadhan serta banyakkan agenda dari pemerintah daerah dalam mempersiapkan hari Nusantara, maka baru hari ini bisa dilaksanakan. “ Saya atas nama pribadi dan Pemda Kotabaru mohon maaf atas keterlambatan dalam penyelenggaraan HUT Koperasi ini”, kata Zainal.

Zainal menambahkan bahwa sebenarnya untuk peringatan secara nasional Hari Koperasi ke-67 yang jatuh pada bulan Juli kemarin sudah dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara (Medan), dimana pada HUT Koperasi ini ada beberapa koperasi dari Kabupaten Kotabaru yang meraih penghargaan secara nasional. “ Kita patut berbangga dengan penghargaan yang diterima tersebut, yang membuktikan bahwa perkembangan koperasi di Kotabaru cukup signifikan” kata Zainal.

Sementara itu Bupati Kotabaru H.Irhami Ridjani dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada koperasi yang telah menerima penghargaan pada peringatan Hari Koperasi ke-67 Tahun 2014 yang berlangsung di Kota Medan. “ Jadikan penghargaan tersebut sebagai cambuk bagi koperasi untuk meningkatkan kemakmuran anggotanya dan kemajuan perkembangan koperasi di Kabupaten Kotabaru.” Ucap Bupati.

Komitmen pemerintah daerah yang tinggi untuk terus mendorong kreasi dan inovasi para penggiat Koperasi dan UKM untuk meningkatkan daya saing, baik dari SDM aupun kualitas produk dan jaringan pemasaran.” Koperasi merupakan daya saing menjadi kunci utama yang harus terus ditingkatkan”, tegas Irhami.

“Pengembangan koperasi merupakan salah satu program pemerintah daerah dalam upaya mempercepat pembangunan bidang perekonomian” kata Irhami.

Sesuai dengan tema Hari Koperasi ke – 67 bahwa “Koperasi Indonesia menuju Ekonomi Global” artinya koperasi kita harus kreatif dan inovatif menghasilkan produk-produk yang berkualitas agar dapat memanfaatkan potensi pasar dan kesejahteraan anggotanya, pungkas Irhami.

Senada yang disampaikan oleh Bupati Kotabaru, Ka.Kemenag Kotabaru H.Ahmad Sawiti, S.Ag,M.HI dalam keterangannya mengatakan Koperasi merupakan salah satu lembaga ekonomi yang bisa membawahi para pengusaha kecil maupun menengah-atas.

Yang terpenting di sistem koperasi memberikan manfaat bagi anggotanya dan pengurusnya dalam pengelolaan usahanya. “ Salah satu hal penting dalam koperasi memberikan nilai manfaat dan meminalisir masyarakat terjebak jerat para rentenir yang meminjamkan uang dengan bunga yang besar, selain dilarang oleh agama, kegiataan tersebut juga menyengsarakan masyarakat, jadi keberadaan koperasi terus kita dukung dan kita tingkatkan” ujar Sawiti.

“ Saya juga mengucapkan selamat kepada yang mendapatkan penghargaan. Teruslah menjadi contoh dan juga memberi contoh dan teruslah berada di depan untuk memajukan koperasi di Kabupaten Kotabaru yang kita cintai”, ucap Sawiti.(Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s