Tim Monev BOS Kemenag Kotabaru Turun Ke Tiga Kecamatan

Ft.Monev Kecamatan

Kotabaru humas – Tim Monitoring Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru kembali melaksanakan monev dana BOS, dimana kali ini dilaksanakan di tiga kecamatan yakni Kecamatan Kelumpang Hulu, Kelumpang Hilir dan Kecamatan Sampanahan.

“ Pelaksanaan monitoring penggunaan BOS merupakan pengawasan dana yang penggunaan harus sesuai dengan juklak dan juknis yang sudah di keluarkan oleh Kementerian Keuangan dalam penggunaannya”, kata Kasi Pendidikan Madrasah Kan.Kemenag Kotabaru, Dra.Hj.Siti Fatimah, Jum’at (15/08/14) diruang kerjanya.

Menurutnya, metode yang digunakan diantaranya mengumpulkan data adalah Metode Observasi (Pengamatan), Metode Dokumentasi, Metode Interview. Pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan meliputi perencanaan keuangan yang berupa penyusunan anggaran (budgeting) terdiri dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah/Madrasah (APBS/M). Kegiatan pelaksanaan pembiayaan pendidikan meliputi pembukuan (accounting) yang merupakan pembukuan terhadap pelaksanaan terhadap pembiayaan yang dilaksanakan untuk proses pendidikan.

Adapun kegiatan manajemen pembiayaan pendidikan sebelum program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang terakhir yaitu evaluasi berupa pemeriksaan (auditing) merupakan pemeriksaan terhadap pendapatan dan pengeluaran serta penilaian pelaksanaan pembiayaan pendidikan.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H.Ahmad Sawiti, S.Ag,M.HI dalam keterangannya mengatakan dengan dilaksanakannya monitoring BOS ini diharapkan penggunaan dana BOS sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan.

“ Bagi Madrasah agar penggunaan Dana BOS harus sesuai dengan prosedur yang berlaku sehingga ke depannya tidak ada lagi kesalahan dalam penggunaan dana yang bisa berakibat ke jalur hukum”, ujar Sawiti.

Madrasah yang dimonitoring di tiga Kecamatan diantaranya MTs Sabilul Muhtaqin Kecamatan Kelumpang Hilir, MTs Nurul Mustafa Kecamatan Hulu, Mts Darul Ulum Suka Maju dan Mts Satu Atap Miftahul Khair Kecamatan Sampanahan.

Adapun tim Monitoring BOS terdiri dari Kasi Pendidikan Agama Islam Kan.Kemenag Kotabaru Dra.Hj.Siti Fatimah beserta stafnya Bahrinnudin, S.Ag dan Khairani Jamil, S.Pd.I, Pengawasa Madrasah Makmur, S.Pd dan Humas Kemenag Kotabaru, Lukman.( Ref/Ft: Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s