Ka.Kemenag Kotabaru : Bulan Ramadhan Sebagai Wahana Mendapatkan Ridha Allah SWT

Ft.Bukber Kemenag

Kotabaru, humas – Ada hal yang cukup menarik pada acara buka puasa bersama yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Rabu (16/07/14) di Aula Kemenag Kotabaru, dimana semua petugas ngabuburit ini diberikan kepercayaan kepada Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, seperti pembawa acara oleh Norkhalis, S.Ag Kepala KUA Kecamatan Pulau Laut Tengah, Tausyiah oleh Sulaiman, S.Ag,MM Kepala KUA Kecamatan Pulau Pamukan Selatan serta do’a dipimpin oleh Drs.Aliansyah Kepala KUA Kelumpang Utara.

Acara buka bersama dihadiri Ka.Kemenag Kotabaru H.Ahmad Sawiti, S.Ag, M.HI, satu mantan Ka.Kemenag Kotabaruyakni H.Muh.Mulkani AA,BA, para pejabat eselon IV di lingkungan Kemenag Kotabaru, seluruh pegawai, karyawan-karyawati, dan para pensiunan Kemenag Kotabaru beserta keluarga. Tampak hadir juga ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kotabaru Nahed Nuwairah Sawiti, S.Ag,M.HI.

Kepala KanKemenag KotabaruH.Ahmad Sawiti, S.Ag, M.HIdalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan ajang mempererat tali silaturahmi antar pegawai, mulai dari atasan, bawahan, maupun yang sudah pensiun. Selain itu tentunya kegiatan ini merupakan jembatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ia juga menambahkan bahwa bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan maqfirah serta ampunan. Untuk itu umat muslim harus menjadikan bulan ramadhan sebagai wahana untuk mengumpulkan pahala dan mendapat ridha Allah sebanyak-banyaknya.

“ Salah satu manfaat berbuka puasa yakni meningkatkan semangat membantu orang lain, menjadi media fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan) dengan di dalam buka bersama terdapat kegiatan ibadah secara kolektif”, kata Sawiti.

Sementara itu dalam ceramahnya Sulaiman, S.Ag,MM menyampaikan seputar ibadahpuasa.Ia mengatakan puasa adalah ketundukan, kepatuhan, dan keta’atan kepada Allah swt., maka tiada balasan bagi orang yang mengerjakannya kecuali pahala yang melimpah-ruah dan baginya hak masuk surga melalui pintu khusus bernama ‘Ar-Rayyan’puasa kewajiban bagi umat muslim dalam menjalankannya

Selain itu kata Sulaiman puasa merupakan sarana untuk melatih diri dalam berbagai masalah seperti jihad nafsi, melawan gangguan setan, bersabar atas malapetaka yang menimpa.

Kita juga diajarkan untuk memegang teguh amanah Allah swt, lahir dan batin, karena tiada seorangpun yang sanggup mengawasi kita kecuali Ilahi Rabbi.

“ Dengan berpuasa juga melatih menahan dari berbagai gemerlapnya surga duniawi, mengajarkan sifat sabar dalam menghadapi segalaa sesuatu, mengarahkan cara berfikir sehat serta menajamkan pikiran (cerdas) karena secara otomatis mengistirahatkan roda perjalanan anggota tubuh”, ujar Sulaiman.

Setelah selesai tausyiah tibalah waktunya berbuka puasa dan diakhiri dengan shalat magrib berjamaah yang diimamioleh Kasi Pakis Kemenag Kotabaru Drs.H.M.Imran, MM. (Ref:Lukman / Ft: Dhani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s