Kemenag Kotabaru Gelar Rukyatul Hilal di Gunung Mercusuar

Ft.Rukyat

Kotabaru(humas) – Ada hal yang menarik dalam pelaksanan Penetapan awal Ramadhan atau sering disebut rukyat hilal di Kabupaten Kotabaru yang dilaksanakan oleh panitia dari Kemenag Kotabaru. Dimana di Kabupaten Kotabaru yang terkenal dengan sebutan gunung Bameganya dengan hamparan laut yang indah, sebelum melaksanakan rukyat hilal panitia terlebih dahulu mendaki tebing gunung berjarak 1.000 meter untuk sampai kepuncak gunung lampu (mercusuar) Desa Hilir Muara Kotabaru

Sebanyak 11 orang panitia rukyat hilal terlihat dengan nafas yang masih terenggah-enggah akhirnya sampai ke puncak gunung untuk melaksanakan rukyat hilal penentuan awal ramadhan yang dilaksanakan oleh Kemenag Kotabaru bidang Penyelenggara Syari’ah, Jumat (27/06/14) bertempat di puncak gunung lampu (mercusuar).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H.Ahmad Sawiti, S.Ag,M.HI yang turut serta dalam pelaksanaan rukyat hilal ini mengatakan bahwa Rukyatul Hilal ini juga turut menggandeng ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama, Al Washiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kotabaru, dan Pengadilan Agama Kabupaten Kotabaru.

Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru memastikan bahwa hilal tidak terlihat di Kabupaten Kotabaru, hal ini berdasarkan perhitungan dimana posisi hilal masih di nol derajat diatas ufuk. Ini berarti bahwa ketinggian hilal masih di bawah dua derajat diatas ufuk.

Ka.Kemenag Kotabaru, H.A.Sawiti menerangkan apabila hilal masih di bawah dua derajat, maka berdasarkan imkanurrukyat perkumpulan negara muslim ASEAN, perhitungan penentuan masuknya bulan baru pada kalender hijriah belum terpenuhi.

Sawiti menambahkan bahwa perbedaan menyambut Bulan Suci Ramadhan diharapkan tidak memunculkan polemik dan perpecahan hingga menimbulkan pertikaian. Perbedaan dalam menentukan awal Ramadhan tergantung keyakinan masing-masing, yang terpenting tidak mempengaruhi orang lain lebih-lebih yang dapat menimbulkan perpecahan” kata Sawiti

Sementara itu Penyelenggara Syariah Kemenag Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal,M.Ag mengajak untuk bersama-sama berikhtiar dalam memastikan awal Ramadhan dengan menggelar Rukyatul Hilal.

“Namun apapun hasil dari Rukyat nanti harus ditaati dan menunggu hasil sidang Isbat yang digelar di Kementerian Agama RI,” terangnya.(Ref:Lukman / Ft:Dhani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s