Ka.Kemenag Kotabaru Hadiri Haul Guru Sekumpul

Ft.Haul aduy

Kotabaru – humas, Kecintaan kepada alim ulama kembali dibuktikan oleh masyarakat saijaan, dari semenjak pagi ratusan umat muslim bumi saijaan baik laki-laki, perempuan dan kanak-kanak memadati Jalan P.Kesuma Negara Desa Kotabaru Hilir Kotabaru, saat menghadiri acara haul Haul Al-‘Allimul ‘Allamah Al-‘Arif Billah KH Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani atau yang dikenal Abah Guru Sekumpul yang ke-9 akan dilaksanakan pada, Minggu (18/5/14) bertempat di Pondok Pesantren Daarus Salaam Kotabaru.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H.Ahmad Sawiti, S.Ag,M.HI mengatakan tradisi memperingati meninggalnya seorang ulama atau lebih dikenal dengan istilah haul dilakukan bertujuan untuk meneladani ketokohan ulama bersangkutan. “Namun tradisi itu belakangan hanya bersifat ritual, sedikit orang yang hadir dapat merefleksikannya”, ujarnya.

Maka dari itu tambah Sawiti sudah selayaknya momentum haul kh. muhammad zaini abdul ghani atau guru sekumpul dimaknai dengan kegiatan akbar dengan spirit menumbuhkan jiwa-jiwa ulama yang menjadi tuntunan dan tauladan bagi masyarakat. bukan sosok yang terlena oleh arus dominasi politik praktis, hingga lupa bahwa sisi keulamaannya perlahan terkikis oleh nuansa kehidupan duniawi.

“ Sudah seharusnya bagi kita untuk melihat dan bercermin kepada diri kita dengan wasiat kebaikan yang diberikan oleh beliau sebagai acuan untuk melangkah lebih baik lagi di kehidupan yang penuh dengan materialistik duniawi sekarang ini”, terang Sawiti.

Selain menghadiri acara haul tersebut, Ka.Kemenag Kotabaru juga diberikan penghormatan untuk membacakan ayat suci Al.Quran. Tampak hadir pada acara haul tersebut diantara para pejabat di lingkup Setda Kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru, Ketua MUI Kotabaru dan Alim Ulama. Acara haul ditutup dengan tausyiah yang disampaikan oleh KH.Muhammad Fadlan As’ari dari Martapura. (Rep/Ft:Lukman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s