Ka.Kemenag Kotabaru : Laporan Keuangan Merupakan Salah Satu Indikator Penilaian Kinerja

Ft.Pemb.Keu

 

Kotabaru (humas) – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penyusunan dan pengolahan laporan keuangan menuju terciptanya perencanaan yang baik, pengelolaan keuangan dan realisasi anggaran yang tertib, transparan, lancar, profesional, bertanggung jawab serta terlaksananya kegiatan yang berbasis kinerja, untuk mencapai target tersebut Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru melaksanakan kegiataan pembinaan penyusunan dan pengolahan laporan keuangan, Selasa (29/04) di Ballroom Hotel Grand Surya Kotabaru.

Kegiataan yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti sebanyak 60 peserta yang terdiri dari Kepala Madrasah beserta bendahara pengeluaran, Pejabat Eselon IV dan pegawai lingkup Kemenag Kotabaru.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H.Ahmad Sawiti, S.Ag,M.HI mengatakan laporan keuangan merupakan sumber nilai ekonomi yang dimanfaatkan dalam melaksanakan kegiataan operasional pemerintah, menilai kondisi keuangan, mengevaluasi efektivitas dan efesiensi suatu entitas laporan dan membantu menentukan ketaatannya terhadap peraturan perundangan.

“ Laporan keuangan merupakan salah satu tolak ukur penilaian terhadap kinerja keuangan pemerintah” tambah Sawiti.

Seperti kita ketahui bersama sekarang ini semakin terbukanya era sistem komputerisasi yang semua laporan dapat diakses secara sistem informasi, dimana setiap instansi pemerintah sudah menyiapkan beberapa aplikasi seperti SAKPA, SIMAK BMN dan EMPA dalam pengelolaan keuangannya. “Hal tersebut dilakukan oleh Kementerian Keuangan dalam rangka meningkatkan kualitas laporan menuju terwujudnya anggaran yang berbasis kinerja”, kata Sawiti.

“ Kepada seluruh peserta agar setelah kegiataan ini dapat meningkatkan kinerja dalam hal kualitas pelayanan, pelaksanaan tugas serta peningkatan mutu dalam pelaporan pengelolaan keuangaan dengan baik, akurat dan akuntabel”, pinta Sawiti.

Sementara dalam laporannya Ketua Panitia H.Ahmad Ismail Fahni, SE,M.Si menyampaikan bahwa tujuan kegiataan ini karena rendahnya efektivitas dan efesiensi penggunaan keuangan pemerintah akibatnya irasionalitas pembiayaan kegiatan.

“ Selain itu rendahnya akuntabilitas pengelola keuangan pemerintah dalam mengelola keuangan publik untuk menerapkan sistem anggaran berbasis kinerja”, kata H.Fahni.(A2N)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s