Ka.Kemenag Kotabaru : Kurikulum 2013 Memberikan Kemampuan Siswa Dalam

ft.Kurikulum Baru

Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan

Kotabaru (humas) – Seringnya sudah disosialisasikan kurikulum baru, banyak guru yang sudah merasa jatuh hati dengan kurikulum tersebut, tidak ketinggalan juga bagi Guru Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum yang mengikuti sosialisasi kurikulum PAI 2013 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Minggu (06/04).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru dalam sambutannya mengatakan bahwa kurikulum baru ini merupakan suatu yang memberikan nuansa baru dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Dimana pada kurikulum baru ini mengintegrasikan hampir semua mata pelajaran. Misalkan siswa belajar aqidah akhlaq, maka langsung bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.” Jadi bukan hanya sekedar mendapat pelajaran di sekolah saja, tapi siswa langsung dapat menerapkannya dalam nuansa yang sebenarnya”, kata Sawiti.

Selain itu penerapan kurikulum baru memberikan kemampuan dan pengetahuan kepada siswa dalam menerima segala mata pelajaran serta maupun mengaplikasikannya semua pengetahuannya.

“ Meski demikian, kurikulum baru ini juga mempunyai kendala diantaranya kesiapan tenaga pengajar yang harus mempunyai wawasan luas serta mempunyai daya kreativitas yang tinggi dalam memberikan bahan ajar kepada anak didiknya “, ujar Sawiti.

Sementara itu dalam laporannya ketua pelaksana Kasi Pakis Kemenag Kotabaru Drs.H.Imran, MM mengatakan bahwa tujuan dari kegiataan ini untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum baru serta penjabaran dari kurikulum 2013.

Peserta yang mengikuti kegiataan sosialisasi ini terdiri dari Guru PAI pada sekolah umum se Kabupaten Kotabaru, sebanyak 60 peserta.

Narasumber yang memberikan materi dalam sosialisasi tersebut adalah Widyaswara Balai Diklat Keagamaan Provinsi Kalimantan Selatan H.Abdul Hamid, S.Ag,M.MPd. Adapun materi yang disampaikan diantaranya Rasional Kurikulum 2013 dan Implementasi, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013, Buku Pedoman Guru dan Siswa, Pendekatan Scientific dan Pembuataan RPP 2013.(A2N)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s